Wamendagri: Wilayah Pemilihan Calon Anggota MRPB Harus Spesifik

Kamis, 09 November 2023 – 21:12 WIB
Wamendagri: Wilayah Pemilihan Calon Anggota MRPB Harus Spesifik  - JPNN.com Papua
Wamendagri Jhon Wempi Wetipo saat diwawancara awak media seusai melantik 29 anggota Majelis Rakyat Papua Barat periode 2023-2028 di Manokwari, Kamis (9/11). Foto: ANTARA/Fransiskus Salu Weking

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Jhon Wempi Wetipo mengatakan wilayah pemilihan calon anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) yang diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi (Perdasi) Nomor 8 Tahun 2022 harus lebih spesifik.

Hal ini berkaitan dengan sebagian masyarakat wilayah adat Doberai dan Bomberai telah masuk ke Provinsi Papua Barat Daya yang dimekarkan dari Papua Barat beberapa waktu lalu.

"Suku-suku yang masuk Papua Barat harus lebih spesifik. Sebab, Perdasi Nomor 8/2022 itu tidak spesifik,” kata Jhon Wempi Wetipo di Manokwari, Kamis (9/11).

Dia menyarankan anggota MRPB periode 2023-2028 bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat dan DPR Provinsi Papua Barat segera merevisi Perdasi Nomor 8 Tahun 2022.

Menurut dia, upaya tersebut bermaksud mencegah permasalahan yang bakal terjadi saat proses pemilihan calon anggota MRPB periode berikutnya melalui rumusan wilayah secara eksplisit.

"Supaya suku-suku yang bukan dari Papua Barat tidak bisa mengikuti pemilihan, karena sudah ada provinsi sendiri," kata Wempi Wetipo.

Dia menjelaskan satu dari empat calon anggota MRPB yang batal dilantik bersamaan dengan 29 anggota MRPB periode 2023-2028 dipengaruhi status kewilayahan adat.

Kondisi ini tidak boleh terulang kembali dalam proses pemilihan calon anggota MRPB pada lima tahun mendatang, sehingga seluruh mekanisme pemilihan berjalan lancar tanpa ada aksi protes.

Wamendagri Jhon Wempi Wetipo mengatakan wilayah pemilihan calon anggota MRPB harus lebih spesifik.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia