Bupati Manokwari Beberkan Upaya Pengentasan Kemiskinan, Simak

Kamis, 09 November 2023 – 08:19 WIB
Bupati Manokwari Beberkan Upaya Pengentasan Kemiskinan, Simak - JPNN.com Papua
Bupati Manokwari Hermus Indou saat memotong tumpeng dan menyerahkan pada Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere di hadapan jajaran Forkompinda pada perayaan HUT Manokwari ke 125 di Manokwari, Rabu (8/11/2023). Foto: ANTARA/Ali Nur Ichsan

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Bupati Manokwari Hermus Indou menyatakan pengentasan kemiskinan masih jadi fokus utama dari pembangunan di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat yang kini telah berusia 125 tahun.

“Dulu, kemiskinan di angka 21 persen. Namun, sekarang sudah turun ke 19 persen dan secara bertahap akan terus diturunkan,” kata Hermus di Manokwari, Rabu (8/11).

Dia mengatakan Pemkab Manokwari terus berupaya melakukan langkah-langkah untuk pengentasan kemiskinan. Sebab, angka kemiskinan berkontribusi terhadap masalah sosial lainnya seperti stunting.

Hermus menjelaskan dari aspek ekonomi kerakyatan, Pemkab Manokwari saat ini memperkuat seluruh usaha mikro kecil menengah (UMKM) baik pangan atau nonpangan yang berjumlah 1.000 lebih. Eksistensi UMKM diharapkan mampu berkontribusi pada pengembangan daerah.

Dia menambahkan di sektor pertanian dan perkebunan, pemerintah berupaya meningkatkan produksi pertanian dengan perluasan lahan.

Saat ini Pemkab Manokwari menggagas peraturan daerah (Perda) tentang pembangunan pertanian berkelanjutan untuk memproteksi lahan pertanian.

"Sehingga ke depan tidak ada lahan pertanian kita yang dikonversi atau dialih fungsikan untuk pengguna lainnya," ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan ketahanan pangan, Pemkab Manokwari juga berupaya menumbuhkan pangan lokal. Tidak hanya beras yang ditingkatkan tapi juga umbi-umbian sehingga masyarakat tidak lagi tergantung pada beras.

Bupati Manokwari Hermus Indou mengatakan terus berupaya melakukan langkah-langkah untuk pengentasan kemiskinan di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia