Mentan Amran Berencana Bangun Kawasan Industri Gula di Papua

Selasa, 07 November 2023 – 18:00 WIB
Mentan Amran Berencana Bangun Kawasan Industri Gula di Papua - JPNN.com Papua
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan pada Selasa (7/11/2023). Foto: ANTARA/Farhan Arda Nugraha

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkapkan rencana pemerintah untuk membangun kawasan industri gula seluas 1 sampai 2 juta hektare di Papua guna meningkatkan produksi gula dalam negeri.

"Membangun kawasan (industri gula) di Papua, rencana 1 sampai 2 juta hectare, tetapi sementara 200 ribu hektare untuk membuat pabrik gula,” kata Mentan Amran di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan pada Selasa (7/11).

Amran menerangkan Papua dipilih menjadi tempat pembangunan kawasan industri gula itu karena kondisi iklim yang mendukung untuk penanaman tebu serta ketersediaan lahan yang mencukupi di wilayah tersebut.

"Agroclimate-nya pertama satu, yang kedua lahan yang luas. Jadi, banyak pertimbangan. Ini kan industri besar. Sangat strategis kalau dibangun di Papua," ujar Amran.

Lebih lanjut, Amran menerangkan untuk pembangunan satu pabrik gula di kawasan tersebut membutuhkan nilai investasi sebesar Rp 2,5 triliun sampai Rp 3 triliun yang dapat memproduksi 8 ribu hingga 12 ribu ton cane per day (TCD).

"Biasanya kalau yang Rp 2,5 – Rp 3 triliun kapasitas itu 8 sampai 12 ribu TCD," ungkap Amran.

Meskipun belum mengungkapkan kapan pembangunan kawasan industri itu dimulai, Amran menjelaskan beberapa investor tertarik untuk menanamkan modalnya dan pihaknya masih membuka peluang bagi pihak swasta untuk berinvestasi pada proyek tersebut.

"Nanti diundang swasta siapa yang berminat kami verifikasi. Kalau swasta syaratnya simpel, punya uang, bangun,” ucap Amran.

Mentan Amran Sulaiman mengungkapkan rencana pemerintah untuk membangun kawasan industri gula di Papua guna meningkatkan produksi gula dalam negeri.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News