Harapan Wapres Saat Konferensi Internasional Tentang Agama, Perdamaian dan Peradaban

Senin, 22 Mei 2023 – 13:39 WIB
Harapan Wapres Saat Konferensi Internasional Tentang Agama, Perdamaian dan Peradaban - JPNN.com Papua
Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan sambutan pada Konferensi Internasional "Agama, Perdamaian, dan Peradaban" Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Jakarta, Senin (22/5/2023). Foto: ANTARA/HO-BPMI Setwapres

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta masyarakat mendukung pembangunan sumber daya manusia (SDM) unggul berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) guna dapat berkontribusi mewujudkan peningkatan kemajuan peradaban dunia.

Penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai kunci peradaban, yaitu SDM yang unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," tegas Wapres pada Konferensi Internasional "Agama, Perdamaian, dan Peradaban" Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Jakarta, Senin (22/5).

Dengan SDM yang menguasai Iptek, kata Wapres, bangsa Indonesia akan mampu menjadi bangsa maju yang tidak hanya berfokus pada kepentingan nasional, tetapi makin berkontribusi besar bagi perdamaian dan kemajuan peradaban dunia.

Menurut Wapres, dalam membangun peradaban, penting untuk dilandaskan pada fungsi manusia sebagai "wakil Allah" di bumi (khalifatullah fil ardh), yang memiliki tugas untuk mengelola dan membangun bumi serta peradabannya, karena manusia bertanggung jawab untuk memakmurkan bumi.

Selain itu, tambahnya, peradaban yang dibangun harus pula dilandaskan pada dimensi ketuhanan (rabbâniyyah, teosentris) dan juga dimensi kemanusiaan (insâniyyah, antroposentris), sehingga masyarakat harus mampu memposisikan diri sebagai “wakil Allah” dalam menjalankan kehidupan di bumi.

Lebih jauh, Wapres juga meminta masyarakat untuk dapat merawat persatuan dan keutuhan bangsa, karena memiliki acuan pedoman yang sama dari Allah Swt.

"Antarmanusia sebagai sesama ‘wakil Allah’ harus saling menguatkan satu sama lain (tasanud), bukan saling bermusuhan (ta’anud), karena pada hakikatnya yang memberi mandat adalah sama, yaitu Allah SWT. Harus saling menjaga jangan sampai terjadi kegaduhan, karena manusia ini berada di satu bumi yang sama (fii ardhin wahidin)," ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Wapres berharap melalui Konferensi Internasional yang digagas oleh MUI ini dapat meningkatkan perdamaian dan memperkuat posisi umat Islam di tingkat global.

Harapan Wapres Ma'ruf Amin saat Konferensi Internasional "Agama, Perdamaian, dan Peradaban" yang digelar MUI di Jakarta, Senin (22/5).
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News