Sebegini Lulusan SMK di Provinsi Papua pada 2023

Senin, 08 Mei 2023 – 11:02 WIB
Sebegini Lulusan SMK di Provinsi Papua pada 2023 - JPNN.com Papua
Penamatan siswa SMK Negeri 1 Pariwisata Kota Jayapura, Papua. Foto: ANTARA/Agustina Estevani Janggo

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua mengatakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada daerah ini ada sebanyak 11 ribu siswa pada 2023.

Kepala Bidang SMA dan SMK Papua Yulianus Kuayo di Jayapura, Senin, mengatakan bahwa total sebelas ribu siswa SMK yang lulus pada tahun ini dari seluruh kabupaten yang ada di Papua.

"Kami pakai data sebelum pemekaran karena untuk pemekaran ini baru saja terjadi sehingga dari 29 Kabupaten dan Kota di Papua jumlah kelulusannya sebanyak sebelas ribu siswa,” katanya.

Menurut Yulianus, pihak pemerintah telah mempersiapkan siswa SMK agar setelah lulus dapat langsung terserap ke dunia industri untuk bekerja sesuai bidang keahlian.

"Selama tiga tahun siswa SMK sudah dibekali pengetahuan, keterampilan hidup dan karakter pekerja sehingga setelah lulus mereka sudah siap untuk bekerja,” ujarnya.

Dia menjelaskan dari 40 ribu siswa SMA dan SMK yang lulus di tahun ini khusus SMK sendiri ada sebanyak 11 ribu siswa seluruh Papua.

“Dari 11 ribu siswa yang lulus di tahun ini kami sudah menargetkan 1-2 persen terserap dalam industri kerja yang relevan seperti perhotelan, tata boga dan lain sebagainya,” katanya lagi.

Dia menambahkan ada sebanyak 138 SMK yang tersebar di Provinsi Papua dan untuk mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja yakni dengan adanya program kelas industri yang bekerja sama dengan pihak terkait.

Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) Provinsi Papua mengatakan jumlah lulusan SMK tahun 2023 di daerahnya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia