3 Poin Gagasan Senator Papua Barat Filep Wamafma untuk KTT ASEAN

Minggu, 30 April 2023 – 13:18 WIB
3 Poin Gagasan Senator Papua Barat Filep Wamafma untuk KTT ASEAN - JPNN.com Papua
Senator atau anggota DPD RI dari Provinsi Papua Barat Dr. Filep Wamafma saat bertemu para nelayan di daerah pemilihannya. Foto: Dok. Humas DPD RI

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pimpinan Komite I DPD RI Dr. Filep Wamafma menyampaikan sejumlah gagasan berkaitan dengan Keketuaan (Chairmanship) Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Melalui gagasan ini, Filep berharap KTT ASEAN dapat membahas dan menghasilkan keputusan kerja sama di tingkat kawasan yang berdampak bagi kemajuan daerah-daerah di Indonesia.

Dari Papua Barat, Senator Filep menyampaikan tiga poin gagasan antara lain berkaitan dengan pengembangan potensi SDA, peningkatan penguasaan teknologi berbasis kearifan lokal, dan keterlibatan daerah sebagai pelaku perdagangan internasional.

Filep mengaku punya beberapa referensi terkait dengan potensi-potensi Papua Barat yang tidak dapat dikelola secara maksimal karena berbagai macam faktor, seperti potensi pariwisata, perikanan hingga pertanian tapi masih sulit berkembang untuk membangun daerah dan kesejahteraan rakyat.

Dia menyebut di antara faktornya seperti kurangnya penguasaan dan ketersediaan teknologi serta kapasitas SDM untuk mengelolanya secara lebih baik.

"Saya lihat kita (Papua Barat) juga punya lahan tidur yang cukup banyak dan subur. Lahan-lahan itu bisa ditanami beragam komoditas seperti kopi, wortel, kentang, kol dan lainnya yang sesuai dengan kondisi daerah,” kata Filep dalam keterangan yang diterima pada Minggu (30/4/2023).

Namun, menurut Filep, kita tidak punya dukungan teknologi pertanian yang mampu mengelola potensi sumber daya alam pertanian kita itu menjadi unggul dan berdaya saing baik bahkan di tingkat regional atau kawasan seperti ASEAN.

Selain sektor produksi, Filep juga mendorong KTT ASEAN juga menghasilkan kerja sama daerah dengan negara-negara lain untuk perluasan target pasar.

Senator dari Papua Barat Filep Wamafma menyampaikan sejumlah gagasan berkaitan dengan Keketuaan (Chairmanship) Indonesia pada KTT ASEAN 2023.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News