Pemprov Papua Bisa Jadi Percontohan dari ASEAN Indo-Pacific Forum

Jumat, 28 April 2023 – 12:43 WIB
Pemprov Papua Bisa Jadi Percontohan dari ASEAN Indo-Pacific Forum - JPNN.com Papua
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jery Agus Yudianto. Foto: ANTARA/Qadri Pratiwi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bisa menjadi percontohan dari "ASEAN Indo-Pacific Forum" mengingat Bumi Cenderawasih memiliki kawasan yang strategis dan memiliki kekayaan alam yang berlimpah sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jery Agus Yudianto mengatakan pada rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi Association of Southeast Asian Nations atau dikenal KTT ASEAN nantinya juga ada ASEAN Indo-Pacific Forum.

“Di dalam ASEAN Indo-Pacific Forum itu akan ada empat kegiatan utama yang nantinya bakal menyatu menjadi upaya untuk memperkuat Asia Tenggara sebagai epicentrum of growth,” kata Jey Agus di Jayapura Jumat (28/4).

Menurut Jeri, keempat kegiatan utama yakni creative economy, digital economy for SDGs untuk sustainable development goals, business and investment summit serta infrastruktur.

“Kami berharap dari forum tersebut Provinsi Papua bisa menjadi salah satu daerah yang bisa jadikan uji coba dari forum tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan yang mana tentunya ini dapat mempercepat pertumbuhan Provinsi Papua serta provinsi-provinsi di sekitarnya.

“Pada prinsipnya kami Pemerintah Provinsi Papua sangat mendukung kekuatan Indonesia di KTT Asean tahun 2023 di mana untuk Indonesia maju dan Papua Bangkit, Mandiri, Sejahtera yang berkeadilan,” katanya lagi.

Sekadar diketahui, terdapat 11 negara anggota ASEAN yaitu, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Timor Leste dan Kamboja. Acara puncak akan berlangsung dua kali yakni KTT ASEAN pada Mei 2023 yang bertempat di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan KTT ASEAN Plus di Jakarta pada September 2023.(antara/jpnn)

Pemprov Papua bisa menjadi percontohan dari ASEAN Indo-Pacific Forum mengingat Bumi Cenderawasih memiliki kawasan yang strategis.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia