Pengamat Militer: KKB Kerap Berbaur dengan Masyarakat di Papua

Kamis, 27 April 2023 – 08:50 WIB
Pengamat Militer: KKB Kerap Berbaur dengan Masyarakat di Papua - JPNN.com Papua
Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Foto: ANTARA/HO-Pendam XVII Cenderawasih

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pengamat militer Institute For Security & Strategic Studies (ISSES) Khairul Fahmi menilai pembinaan teritorial dan komunikasi sosial masih menjadi pendekatan yang efektif untuk mengidentifikasi kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang kerap berbaur dengan masyarakat di Papua.

Fahmi menjelaskan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial juga menjadi cara yang tepat untuk menyebarkan propaganda positif cinta NKRI ke masyarakat.

“Pembinaan teritorial dan komunikasi sosial itu masih efektif karena menjadi cara mengidentifikasi (KKB). Sebab ada indikasi KKB berbaur dengan masyarakat, kemudian mereka juga memanfaatkan masyarakat entah itu dengan upaya paksa, bujuk rayu, atau intimidasi,” kata Khairul Fahmi di Jakarta, Rabu (26/4).

Dia menambahkan KKB juga kerap memanfaatkan masyarakat untuk menjadi tameng.

Oleh karena itu, pembinaan teritorial dan komunikasi sosial, menurut Fahmi, menunjukkan bahwa negara hadir dan melindungi rakyatnya.

Dia lanjut menjelaskan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial saat ini semakin penting seiring dengan perintah siaga tempur di beberapa tempat yang rawan teror KKB.

“Operasi (pembinaan) teritorial itu tentunya harus ditingkatkan, begitu juga dengan komunikasi sosial dengan masyarakat, cuma itu semua harus dalam koridor penegakan hukum yang melindungi masyarakat, dan menjamin keselamatan pelaksananya di lapangan,” kata Direktur Eksekutif ISSES.

Walaupun demikian, dia menyampaikan pendekatan-semacam itu perlu dilakukan oleh satuan TNI yang memang tugas utamanya pembinaan teritorial dan komunikasi sosial. Ia menilai pendekatan seperti itu sebaiknya tidak dibebankan kepada satuan-satuan yang tugasnya bertempur.

Pengamat Militer Khairul Fahmi menilai pendekatan ini efektif untuk mengidentifikasi KKB yang kerap berbaur dengan masyarakat di Papua.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia