Yan Mandenas Terkejut Melihat Pelayanan Kesehatan di RSUD Merauke

Jumat, 03 Maret 2023 – 08:57 WIB
Yan Mandenas Terkejut Melihat Pelayanan Kesehatan di RSUD Merauke - JPNN.com Papua
Anggota Komisi I DPR RI Yan Mandenas (tengah) mendengarkan penjelasan dokter saat berkunjung di RSUD Merauke, Papua Selatan, Rabu (1/3). Foto: Dokumentasi pribadi

papua.jpnn.com, MERAUKE - Pelayanan kesehatan RSUD Kabupaten Merauke mendapat perhatian serius anggota DPR RI Yan Mandenaes. Pasalnya, pelayanan di rumah sakit itu memprihatinkan.

Mantan Wakil Ketua Pansus DPR RI terhadap Revisi Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) itu kecewa setelah melihat sejumlah kebutuhan rumah sakit tidak terpenuhi saat melayani masyarakat.

Dia mendesak agar Pemkab Merauke segera membenahi masalah serius ini. Kondisi ini tidak boleh terjadi lagi setelah revisi Undang-Undang Otsus.

Kondisi yang dilihat langsung salah satunya adalah pelayanan kesehatan yang terlalu rumit serta sejumlah fasilitas yang tidak memadai untuk menunjang pelayanan kesehatan bagi warga setempat.

"Ini tidak boleh terjadi lagi. Ada pasien yang karena baju operasi tidak ada membuat operasi harus tertunda. Ada lagi bangunan serta beberapa peralatan kesehatan yang sudah tidak menunjang dan tidak layak digunakan. Kalau untuk tenaga medis dan perawat di sini cukup aman," ujar Yan dalam keterangan diterima, Kamis (2/3) siang. 

Menurut Mandenas, tahun ini kondisi tersebut tidak boleh terjadi lagi.

Dia mendesak Pemkab Merauke segera mengalokasikan anggaran Otsus dan membenahi pelayanan RSUD Merauke.

Pihaknya telah menentukan prioritas dalam pemanfaatan dana Otsus tahun ini. Bidang kesehatan dan pendidikan akan menjadi prioritas utama.

Yan Mandenas meminta Pemda Merauke menggunakan dana Otsus demi pembenahan Pelayanan di RSUD Merauke.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia