Yan Mandenas DPR Ajak Masyarakat Awasi Dana Otsus Papua

Kamis, 23 Februari 2023 – 12:40 WIB
Yan Mandenas DPR Ajak Masyarakat Awasi Dana Otsus Papua - JPNN.com Papua
Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas memberikan perhatian kepada masyarakat Pulau Kurudu, Kepulauan Yapen, Provinsi Papua dengan memberikan bantuan berupa gawai untuk menunjang komunikasi, tas sekolah, seragam sekolah, seragam tim sepak bola dan bola sepak. Foto: ANTARA/HO-Dokumen Pribadi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas mengajak masyarakat berperan mengawasi penggunaan dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua, khususnya untuk 2023.

“Saya selaku ketua tim yang memimpin delegasi ke Papua dan memaksakan anggaran itu supaya jangan sampai menciptakan raja-raja kecil di provinsi tetapi bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat di daerah,” kata Yan Mandenas dalam keterangan diterima di Jakarta, Kamis (23/2).

Dia menilai implementasi Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua dan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022-2023 perlu ada peran aktif masyarakat untuk mengawasi penggunaan dana otsus tersebut.

Menurut dia, masyarakat Papua wajib ikut dalam proses pengawasan dana otsus agar tidak disalahgunakan para pejabat di Papua karena dana tersebut untuk kepentingan masyarakat Papua.

“Saya harap masyarakat turut mengawasi dana otsus yang diberikan pemerintah pusat kepada Papua. Tahun ini dananya cukup besar dan langsung diberikan kepada bupati dan wali kota di Papua," kata dia.

Legislator asal Papua itu menjelaskan pada tahun 2023 DPR RI telah berupaya memberikan tambahan dana otsus cukup besar kepada pemerintah kabupaten/kota di Papua dan dana otsus tersebut akan lebih difokuskan kepada pendidikan dan kesehatan.

“Saya berharap dengan adanya alokasi dana otsus, maka masyarakat daerah bisa mendapatkan kebijakan dan alokasi dari pemda untuk membantu pendidikan dan kesehatan, itu paling utama karena itu syarat  pemerintah pusat bahwa tujuan otsus adalah membantu dan membangun kesejahteraan masyarakat, termasuk Papua,” ucapnya.

Yan ikut memberikan perhatian kepada masyarakat Pulau Kurudu, Kepulauan Yapen, Provinsi Papua seperti pemberian gawai untuk menunjang komunikasi, tas sekolah, seragam sekolah, seragam tim sepak bola, dan bola sepak.(antara/jpnn)

Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas mengajak masyarakat berperan mengawasi penggunaan dana Otsus Papua, khususnya untuk 2023.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia