Gaji Guru di Fakfak Belum Dibayar, Senator Filep Bereaksi, Tegas

Selasa, 24 Januari 2023 – 08:38 WIB
Gaji Guru di Fakfak Belum Dibayar, Senator Filep Bereaksi, Tegas - JPNN.com Papua
Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma. Foto: Humas DPD RI

papua.jpnn.com, FAKFAK - Surat Instruksi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat menghentikan proses belajar mengajar per tanggal 17 Januari 2023.

Hal ini disebabkan oleh belum dibayarnya gaji guru pada bulan Januari 2023.

Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma bereaksi tegas terkait persoalan yang dialami para guru di Fakfak.

Lebih lanjut, Filep menyoroti kinerja dinas terkait yang mengelola hal ini.

"Saya kaget dan heran, kenapa bisa ada kejadian gaji guru belum dibayar? Semua orang paham, bahwa adanya kebijakan Otsus itu bertujuan memberikan afirmasi terhadap dua hal mendasar yaitu pendidikan dan kesehatan. Seharusnya tidak boleh ada cerita gaji guru belum dibayar. Di mana koordinasi antara dinas terkait dan pemerintah daerah?” ungkap Filep Wamafma dengan tegas belum lama ini.

Filep lantas mengingatkan sejumlah peraturan terkait persoalan tersebut.

Dia menyebutkan Surat Dirjen Perimbangan Keuangan tentang Rincian TKD, daftar Rincian Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2023, terdiri atas Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus Fisik, Dana Alokasi Khusus Nonfisik, Hibah ke Daerah, Dana Otonomi Khusus Provinsi Aceh.

Kemudian, Dana Otonomi Khusus Provinsi-Provinsi di Papua, Dana Tambahan Infrastruktur Provinsi-Provinsi di Papua, Dana Keistimewaan D.I. Yogyakarta, Dana Desa, dan Insentif Fiskal.

Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma bereaksi tegas terkait persoalan para guru di Fakfak yang gajinya belum dibayarkan..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News