Filep Wamafma Ajak Akademisi Hidupkan Optimisme Bagi Masyarakat Papua

Kamis, 05 Januari 2023 – 16:20 WIB
Filep Wamafma Ajak Akademisi Hidupkan Optimisme Bagi Masyarakat Papua - JPNN.com Papua
Senator atau anggota DPD RI dari Provinsi Papua Barat Dr. Filep Wamafma. Foto: Dokumentasi pribadi

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Kehadiran Otonomi Khusus Jilid 2 yang dimulai sejak diundangkannya UU Nomor 2 Tahun 2021 bagi beberapa kalangan masih menjadi perdebatan.

Menyusul UU tersebut, lahirnya Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua sebagai kelanjutan dari pemekaran juga tidak luput dari kritik, hingga perdebatan tentang pemekaran ini pun terjadi di antara akademisi.

Sebagai seorang Senator yang juga akademisi, Dr. Filep Wamafma menanggapi perdebatan-perdebatan tersebut dengan menyampaikan argumennya.

“Adanya perdebatan tentang Otsus dan pemekaran, apalagi di antara akademisi bagi saya merupakan hal biasa. Secara positif hal tersebut menunjukkan indeks demokrasi yang bagus di tanah Papua,” ujar Filep Wamafma, Kamis (5/1/2023).

Namun, Filep mengingatkan perdebatan tidak akan melahirkan hal positif jika tidak ada gagasan dan solusi nyata.

Dia menilai banyak pihak suka memainkan retorika dan emosi agar apa yang disampaikan dijadikan sebagai satu-satunya kebenaran.

“Ini yang harus kita hindari. Kita semua, terutama orang Papua, harus punya cara pandang yang holistik, kaya serta terintegrasi tentang Otsus dan pemekaran,” ungkap Filep.

Lebih lanjut, politikus yang juga pakar hukum adat ini menekankan pentingnya membentuk optimisme dalam diri orang Papua.\

Senator atau anggota DPD RI dari Provinsi Papua Barat menanggapi adanya perdebatan tentang Otsus dan pemekaran, antara lain di antara akademisi.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News