Berita Terkini Soal Proyek Kereta Api di Papua Barat dan Papua Barat Daya

Kamis, 15 Desember 2022 – 12:11 WIB
Berita Terkini Soal Proyek Kereta Api di Papua Barat dan Papua Barat Daya - JPNN.com Papua
Kepala Bidang Perhubungan Udara dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat, Max L Sabarofek. Foto: ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kepala Bidang Perhubungan Udara dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat Max L Sabarofek menyampaikan berita terkini terkait perkembangan proyek kereta api yang menghubungkan wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Menurut Max, Pemerintah Provinsi Papua Barat memastikan proyek infrastruktur perkeretaapian di daerah ini berlanjut setelah mengoordinasikan rencana tata ruang wilayah (RTRW) bersama pemerintahan baru Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Max mengatakan proyek infrastruktur kereta api telah dibahas bersama Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan untuk penyesuaian RTRW kedua provinsi.

"Proyek perkeretaapian tetap berjalan, namun akan dibahas kembali dengan pemerintah PBD karena berkaitan RTRW provinsi PBD yang sudah beda wilayah administrasi dengan Papua Barat,” ujar Max Sabarofek seperti dilansir Antara, Kamis (14/12).

Dia mengatakan pemekaran wilayah Sorong raya sebagai Provinsi PBD diharapkan menjadi penggerak percepatan pembangunan infrastruktur kereta api untuk menunjang pembangunan ekonomi masyarakat dua wilayah ini.

“Jadi, pemekaran provinsi PBD tidak menghambat progres pembangunan perkeretaapian, hanya saja akan dikoordinasikan antara dua provinsi untuk kelanjutan trase jalur kereta api yang telah ditetapkan sebelumnya,” kata Max.

Dalam kesempatan ini, Max Sabarofek menjelaskan draf awal proyek kereta api Papua Barat yang semula ditetapkan titik nol (0) pada kilometer 12 Bandara DEO Sorong mengalami pergeseran ke Pelabuhan laut kota Sorong.

“Pergeseran titik awal jalur kereta api dari Bandara DEO ke pelabuhan Laut kota Sorong sesuai permintaan masyarakat, untuk menunjang konektivitas jalur transportasi masyarakat dengan harga murah dan efisien,” katanya.

Max L Sabarofek menyampaikan berita terkini terkait perkembangan proyek kereta api yang menghubungkan wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News