Jhon Mauridz Ungkap Alasan Papua Tak Mengalami Kemajuan, Ternyata

Rabu, 14 Desember 2022 – 13:01 WIB
Jhon Mauridz Ungkap Alasan Papua Tak Mengalami Kemajuan, Ternyata - JPNN.com Papua
Sekretaris Forum Peduli Kemanusiaan Kabupaten Jayapura Jhon Mauridz. Foto: Dokumentasi pribadi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Sekretaris Forum Peduli Kemanusiaan Kabupaten Jayapura Jhon Mauridz Suebu membeberkan alasan pembangunan di Papua tidak mengalami kemajuan yang signifikan.

Menurut Jhon, salah satu penyebab lambatnya pembangunan di wilayah Papua adalah perilaku koruptif oleh oknum pengelola anggaran

“Kondisi ini makin diperparah dengan lambannya sikap aparat penegak hukum dalam merespons keluhan masyarakat,” ujar Jhon, Rabu (14/12).

Alumnus Faskultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ini mengaku dirinya sering melakukan aksi unjuk rasa ke kantor Gubernur Papua maupun kantor bupati untuk menyuarakan keluhan masyarakat.

"Rata-rata keluhan masyarakat itu berkaitan dengan pengelolaan anggaran pembangunan yang tidak transparan,” ujar Jhon, Rabu (14/14) pagi.

Untuk mencegah perilaku korupsi agar tidak berulang di tanah Papua, Jhon menawarkan sebuah program ke KPK, yakni pembentukan ‘Kampung Antikorupsi’ di sejumlah distrik di wilayah Provinsi Papua.

Dia berharap melalui kampung antikorupsi, para pengelola dana kampung atau dana desa mendapat pelatihan.

Menurut Jhon, beberapa pengurus kampung, termasuk dari Badan Musyarawah Kampung (Bamuskam) selaku pengawas mengikuti pelatihan di bawah bimbingan KPK.

Sekretaris Forum Peduli Kemanusiaan Kabupaten Jayapura Jhon Mauridz Suebu membeberkan alasan pembangunan di Papua tidak mengalami kemajuan yang signifikan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia