Tips Menjaga Kaki Tetap Sehat dengan Memilih Sepatu yang Tepat

Senin, 12 Desember 2022 – 08:25 WIB
Tips Menjaga Kaki Tetap Sehat dengan Memilih Sepatu yang Tepat - JPNN.com Papua
Tips menjaga kaki tetap sehat dengan memilih dan mengenakan sepatu yang tepat. Ilustrasi. Foto Yessy Artada/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dari Universitas Indonesia Astuti Pitarini berbagi tips menjaga kaki tetap sehat dengan memilih dan mengenakan sepatu yang tepat.

Biasakan untuk menggunakan sepatu yang tepat untuk aktivitas yang tepat. Karenanya, penting untuk mengetahui tujuan penggunaan sepatu sebelum membelinya," kata dokter Astuti Pitarini dalam keterangan resmi, Senin (12/12).

Lebih lanjut, dokter yang terhimpun dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi & Traumatologi Indonesia tersebut mengatakan pengguna sering meremehkan soal kedaluarsa sepatu.

Dia mencontohkan seorang pelari akan berisiko mengalami cedera kaki apabila sepatu yang digunakan sudah tidak berfungsi sebagai alat proteksi yang benar karena outer sole-nya sudah menipis dimakan waktu.

“Sepatu lari yang sudah digunakan lebih dari 450 kilometer sebaiknya diganti untuk mencegah terjadinya sakit pada tumit atau telapak kaki,” kata dia.

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting adalah memilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki. Sepatu yang baik adalah sepatu yang terasa nyaman sejak pertama kali digunakan.

Untuk mendapatkan sepatu yang tepat, simak beberapa tips berikut sebelum membeli sepatu. Pertama, adalah dengan mengenali bentuk dan karakteristik kaki.

Lakukan pengukuran panjang dan lebar kaki. Jangan hanya mengandalkan ukuran sepatu yang biasa digunakan karena setiap merek dan jenis sepatu bisa berbeda ukuran hingga 2 sentimeter.

Dokter Astuti Pitarini berbagi tips menjaga kaki tetap sehat dengan memilih dan mengenakan sepatu yang tepat. Simak penjelasannya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News