Sunarto: Basarnas Papua Kurang Personel dan Minim Peralatan

Jumat, 09 Desember 2022 – 17:07 WIB
Sunarto: Basarnas Papua Kurang Personel dan Minim Peralatan - JPNN.com Papua
Kepala Kantor Basarnas Provinsi Papua Sunarto. Foto: Ridwan/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Papua masih kekurangan personel untuk mengimbangi potensi musibah bencana di seluruh wilayah kerjanya.

"Saat ini kami baru memiliki sekitar 90-an personel yang meliputi ruang kerja kami hampir di 15 kabupaten. Jadi, sangat minim sekali (personel)," ujar Kepala Kantor Basarnas Provinsi Papua Sunarto di Jayapura, Jumat (9/12) sore.

Menurut Sunarto, dirinya tak bisa menyebut soal jumlah ideal personel yang seyogyanya dimiliki Basarnas Papua.

"Kalau bicara ideal, saya tidak bisa sebut ya, karena tentunya jumlah (personel) yang kita butuh banyak sekali. Apa lagi tadi saya bilang wilayah kerja kami itu ada 15 kabupaten," ujar Sunarto.

Namun, Sunarto bersyukur dengan adanya kolaborasi personel antarinstansi. Sebab, akan bisa saling membantu menutupi kekurangan SDM di Basarnas Papua.

"Oleh karena itu, kami selalu merespons cepat jika diajak latihan gabungan bersama TNI-Polri dan stakeholder lainnya. Dari situ kami bisa tahu siapa bekerja apa dan selalu meningkatkan koordinasi," kata Sunarto.

Kendati kekurangan personel, namun SDM Basarnas Papua cukup mumpuni memiliki spesifikasi dalam bidangnya sesuai keterampilan yang dimiliki.

"Kita ini kan menangani musibah atau bencana di laut, darat dan udara. Jadi, masing-masing personel punya keterampilan di situ," tegas Sunarto.

Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Papua masih kekurangan personel dan minim peralatan pendukung.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia