Max Ohee Minta Lukas Enembe Mundur dari Gubernur Papua, Nih Alasannya

Rabu, 07 Desember 2022 – 20:56 WIB
Max Ohee Minta Lukas Enembe Mundur dari Gubernur Papua, Nih Alasannya - JPNN.com Papua
Ketua Barisan Merah Putih Max Abner Ohee. Foto: Dokumentasi pribadi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Ketua Barisan Merah Putih Max Abner Ohee menyarankan Lukas Enembe untuk melepaskan jabatan sebagai Gubernur Papua.

Hal itu, menurutnya, agar Lukas Enembe bisa fokus pada pemulihan kesehatannya di Singapura.

"Kondisi Lukas Enembe kian menurun sehingga beliau harus fokus pada pengobatan seperti disarankan oleh tim kuasa hukumnya,' terangnya.

Apabila Lukas Enembe melepas jabatan sebagai Gubernur Papua, Max mengatakan Mendagri harus menunjuk siapa pejabat yang mengisi kekosongan tersebut agar roda pemerintahan tetap berjalan.

"Ya, harus ada penunjukan Gubernur supaya pemerintah tetap berjalan. Namun, dengan catatan yang mengisi harus orang yang benar," tegasnya.

Max Abner Ohee juga menyebut ada keuntungan lain bagi masyarakat Papua jika Lukas Enembe pergi berobat ke luar negeri dalam kapasitasnya bukan sebagai Gubernur Papua, yakni biaya berobat Lukas tidak lagi dibebankan kepada APBD Provinsi. 

"Harta kekayaan Pak Lukas kan banyak. Pakai itu untuk merawat kesehatan pribadinya. Jangan ambil lagi dari APBD. Pemimpin itu berkorban untuk rakyat, bukan sebaliknya," imbuh Max.

Lebih jauh Max menilai pelaksanaan program-program Otonomi Khusus (Otsus) Papua jilid satu, lebih-lebih selama masa kepemimpinan Lukas Enembe sebagai Gubernur, tidak berjalan sesuai harapan.

Ketua Barisan Merah Putih Max Abner Ohee menyarankan kepada Lukas Enembe untuk melepas jabatan sebagai Gubernur Papua. Begini alasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News