Pemkab Teluk Wondama Gerakkan Warga untuk Jalani Vaksinasi Covid-19

Sabtu, 26 November 2022 – 11:49 WIB
Pemkab Teluk Wondama Gerakkan Warga untuk Jalani Vaksinasi Covid-19 - JPNN.com Papua
Warga menjalani vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Foto: ANTARA/HO Zack Tonu B

papua.jpnn.com, WASIOR - Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama di Provinsi Papua Barat terus berupaya menggerakkan warga untuk menjalani vaksinasi Covid-19 meskipun kasus penularan virus corona di wilayahnya sudah mereda.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama Yoce Kurniawan mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi menjadi 70 persen guna melindungi warga dari infeksi virus corona penyebab Covid-19 beserta varian-variannya.

"Kenapa cakupan vaksinasi harus sampai 70 persen supaya yang kebal itu lebih banyak dari yang tidak kebal. Kalau yang kebal lebih banyak berarti potensi penularan menjadi lebih kecil," kata Yoce di Wasior, Sabtu (26/11).

Menurut Yoce, masyarakat yang belum vaksinasi atau sudah vaksinasi tetapi belum lengkap supaya segera vaksinasi sampai dosis ketiga.

Hal ini perlu agar bisa tercapai kekebalan kelompok. Perihal pegawai negeri sipil yang belum mau menjalani vaksinasi Covid-19, Yoce mengemukakan perlunya pemberlakuan sanksi khusus guna mendorong pegawai pemerintah melakukan vaksinasi sampai tuntas.

Sanksi bagi pegawai pemerintah yang sama sekali belum menjalani vaksinasi Covid-19, menurut dia, bisa berupa penundaan pembayaran tambahan penghasilan pegawai atau TPP.

"Menurut saya adanya penundaan TPP seperti yang pernah dilakukan beberapa waktu lalu bisa diberlakukan lagi. Karena dulu waktu itu diberlakukan, pegawai ramai-ramai mau divaksin," kata Yoce, yang juga menjabat sebagai Direktur RSUD Dr. Alberth Torey Teluk Wondama.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan sasaran vaksinasi Covid-19 di Teluk Wondama total 27.885 orang dan cakupan vaksinasi dosis pertama, kedua, dan ketiga (penguat) di kabupaten itu berturut-turut 64,42 persen; 47,18 persen; dan 18,17 persen dari target.

Pemkab Teluk Wondama Provinsi Papua Barat berupaya menggerakkan warga untuk menjalani vaksinasi Covid-19.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News