MenPAN-RB Jawab Aspirasi Senator Filep Wamafma Soal Kepegawaian di Papua

Senin, 07 November 2022 – 13:54 WIB
MenPAN-RB Jawab Aspirasi Senator Filep Wamafma Soal Kepegawaian di Papua  - JPNN.com Papua
Senator atau Anggota DPD RI Papua Barat Dr. Filep Wamafma (kanan) dan MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas. Foto: Humas DPD RI

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma menindaklanjuti sejumlah aspirasi daerah kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Aspirasi tersebut di antaranya terkait dengan persoalan pendidikan dan kepegawaian di tanah Papua.

Dalam kesempatan itu, Senator Filep menyampaikan masih banyaknya sekolah maupun perguruan tinggi di Papua yang hingga kini masih terkendala masalah kekurangan tenaga pendidik terutama di daerah-daerah pedalaman.

Oleh sebab itu, Filep meminta pemerintah untuk memperbanyak rekrutmen tenaga pendidik guru dan dosen untuk menjawab permasalahan tersebut.

Menanggapi hal itu, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas menuturkan pemerintah berkomitmen untuk memprioritaskan rekrutmen tenaga guru di tanah Papua melalui pelaksanaan kebijakan afirmasi dalam rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2022 ini.

“Dalam kebijakan rekrutmen CASN 2022, pemerintah memfokuskan pada kebijakan afirmasi salah satunya untuk daerah khusus, seperti Papua. Pemerintah juga memprioritaskan Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis yang mendukung arah pembangunan nasional dan potensi daerah,” ujar Azwar Anas dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (7/11/2022).

Filep juga mempersoalkan tentang banyaknya daerah di 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) yang masih kekurangan tenaga ASN terutama tenaga guru dan tenaga kesehatan lantaran mayoritas bukan berasal dari masyarakat asli daerah tersebut.

Menurut Filep, faktanya banyak di antara ASN dari luar daerah itu mengajukan mutasi (pindah) kembali ke daerah asalnya. Hal ini menurut Filep tentu menjadikan masalah kekurangan ASN di 3T sulit diselesaikan.

Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma menindaklanjuti sejumlah aspirasi daerah kepada MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia