Polda Papua Berikan Layanan Pemulihan Trauma Bagi Korban Kericuhan

Minggu, 07 Januari 2024 – 06:23 WIB
Polda Papua Berikan Layanan Pemulihan Trauma Bagi Korban Kericuhan - JPNN.com Papua
Anggota Polda Papua memberikan pelayanan pemulihan trauma kepada korban kericuhan di Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura. Foto: ANTARA/HO/Humas Polda Papua

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyelenggarakan pelayanan pemulihan trauma bagi korban kericuhan yang terjadi di Kampung Karya Bumi Besum, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura.

Kepala Bagian Psikologi Biro Sumber Daya Manusia Polda Papua Kompol Dorthea Ansanay menyampaikan petugas kepolisian diturunkan ke lokasi pengungsian korban kericuhan, termasuk di Kantor Kampung Benyom Jaya I, Distrik Nimbokrang, untuk memberikan pelayanan pemulihan trauma.

Dia menyampaikan bahwa penyediaan layanan pemulihan trauma dimaksudkan untuk membantu korban kericuhan, utamanya yang masih anak-anak, memulihkan kondisi psikologis mereka.

"Ini adalah suatu proses pemberian bantuan berupa penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan, panik, dan gangguan lainnya karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang dimiliki individu," kata Kompol Dorthea Ansanay dalam keterangan persnya pada Sabtu (6/1/2024) seperti dilansir Antara.

Selama memberikan pelayanan pemulihan trauma di lokasi pengungsian korban kericuhan, menurut dia, petugas antara lain mengajak para pengungsi dan anak-anak untuk bernyanyi dan bermain bersama.

Dia berharap layanan pemulihan trauma yang diselenggarakan oleh kepolisian daerah dapat membantu korban kericuhan memulihkan kesehatan mental mereka.

Kericuhan terjadi di Kampung Karya Bumi Besum pada 1 Januari 2024, setelah sekelompok warga yang sedang mabuk mengadang dan menyerang Bintara Pembina Desa yang hendak pulang seusai melaksanakan tugas pengamanan sehingga menyebabkan satu orang meninggal dunia.

Kejadian itu mendorong keluarga korban dan warga melakukan aksi pembakaran rumah dan fasilitas umum hingga memaksa 928 orang mengungsi.

Polda Papua menyelenggarakan pelayanan pemulihan trauma bagi korban kericuhan yang terjadi di Kampung Karya Bumi Besum, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia