Pangdam Cenderawasih Sampaikan Berita Terkini Soal Keamanan di Papua Sejak Lukas Enembe Meninggal Dunia

Sabtu, 30 Desember 2023 – 09:59 WIB
Pangdam Cenderawasih Sampaikan Berita Terkini Soal Keamanan di Papua Sejak Lukas Enembe Meninggal Dunia - JPNN.com Papua
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan. Foto: ANTARA/Evarukdijati

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan berita terkini terkait situasi keamanan di tanah Papua sejak Lukas Enembe meninggal dunia.

Menurut Pangdam Cenderawasih, secara keseluruhan situasi keamanan di Tanah Papua aman dan terkendali.

"Memang secara keseluruhan situasi keamanan di empat provinsi yang tersebar di empat korem sejak meninggalnya mantan Gubernur Papua Lukas Enembe hingga pemakamannya berlangsung aman, kecuali Kota dan Kabupaten Jayapura,” ujar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan seperti dilansir Antara, Jumat (29/12/2023).

Di kedua kota itu, ujar dia, sempat terjadi kericuhan yang disebabkan adanya anggota KNPB dan ULMWP yang menyusup dan bergabung dengan massa yang mengiringi perjalanan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Dalam perjalanan dari Sentani hingga Koya Tengah telah terjadi pelemparan dan pembakaran bangunan serta kendaraan, bahkan ada beberapa anggota TNI-Polri yang terluka termasuk Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun.

Pangdam menyayangkan terjadinya insiden yang menimbulkan korban jiwa dan harta benda saat proses pengantaran jenazah tokoh Papua ke rumah pribadi yang awalnya aman berkembang menjadi rusuh.

KNPB dan ULMWP berupaya memprovokasi namun anggota TNI-Polri tidak terpancing dan tetap melakukan tindakan penegakan hukum yang terukur sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

"Aparat keamanan akan mengusut hingga tuntas baik kasus pemukulan, pelemparan hingga pembakaran,” tegas Izak Pangemanan.

Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan berita terkini terkait situasi keamanan di Papua sejak Lukas Enembe meninggal dunia.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia