Enam Anggota MRP Terpilih Wilayah Biak-Supiori Segera Dilantik, Berikut Daftar Namanya

Kamis, 24 Agustus 2023 – 18:50 WIB
Enam Anggota MRP Terpilih Wilayah Biak-Supiori Segera Dilantik, Berikut Daftar Namanya - JPNN.com Papua
Panitia pemilihan provinsi dan panpil kabupaten Biak -Supiori bersama panitia pengawas sedang menyaksikan penandatanganan berita acara pemilihan anggota MRP wilayah III Biak-Supiori. Foto: ANTARA/Muhsidin

papua.jpnn.com, BIAK - Sebanyak enam anggota terpilih lembaga kultural masyarakat asli Papua, yaitu Majelis Rakyat Papua (MRP) periode 2023-2028 daerah pengangkatan wilayah III Biak-Supiori tinggal menunggu pelantikan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Pelantikan enam calon anggota MRP dari perwakilan adat dan perempuan daerah pengangkatan wilayah III Biak-Supiori dijadwalkan pada bulan Agustus ini," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Asisten 1 Sekda Biak Semuel Rumaikeuw selaku panitia pemilihan MRP wilayah III Biak-Supiori di Biak, Kamis (24/8).

Menurut Rumaikeuw, untuk perwakilan adat yang bakal segera dilantik di antaranya Barnabas Mansoben (Supiori), Agustina Rumbrar, dan Fernando Mansnandifu.

Tiga calon anggota MRP wilayah III Biak-Supiori dari perwakilan perempuan, yakni Bertha Ronsumbre (Biak), Lea Emmy Ampnier (Biak), dan Zandra Mambrasar (Biak).

"Kami bersyukur karena proses pemilihan hingga menunggu jadwal pelantikan berlangsung aman, damai dan kondusif," kata Rumaikeuw.

Proses pemilihan anggota MRP wilayah III Biak-Supiori berlangsung di Biak pada 30 Maret 2023 dalam situasi kondusif meski pemilihan sempat molor dua hari karena alotnya pemilihan perwakilan adat dan perempuan.

Berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Provinsi Papua, kelembagaan MRP adalah representasi kultural orang-orang asli Papua (OAP).

Lembaga MRP yang memiliki wewenang tertentu dalam rangka perlindungan hak-hak orang asli Papua dengan berlandaskan pada penghormatan terhadap adat dan budaya, pemberdayaan perempuan dan pemantapan kerukunan hidup beragama.

Enam anggota terpilih anggota MRP periode 2023-2028 daerah pengangkatan wilayah III Biak-Supiori tinggal menunggu jadwal pelantikan oleh Menteri Tito Karnavian.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News