Wapres Ma’ruf Amin Sebut KKB pada Hari Kedua Berkantor di Papua

Rabu, 11 Oktober 2023 – 08:49 WIB
Wapres Ma’ruf Amin Sebut KKB pada Hari Kedua Berkantor di Papua - JPNN.com Papua
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam kunjungan kerja di Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (10/10/2023). Foto: ANTARA/Andi Firdaus

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berupaya menumbuhkan kepercayaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kepada pemerintah melalui berbagai forum dialog yang melibatkan peran para tokoh agama setempat.

"Saya kira kita sedang berusaha menghilangkan ketidakpercayaan itu melalui dialog-dialog yang terus kita lakukan dengan tokoh-tokoh agama," kata Ma'ruf Amin pada hari kedua berkantor di Papua, tepatnya Kota Jayapura, Selasa (10/10).

Dia mengatakan dialog di tingkat sektoral bersama tokoh Hak Azasi Manusia (HAM), tokoh adat serta berbagai pihak terkait lainnya juga ditempuh pemerintah di tengah program percepatan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan di Papua.

Melalui upaya itu, Ma'ruf berharap segala hal yang memicu salah pengertian di antara kedua belah pihak dapat hilang.

“Kita harapkan hal yang menjadi salah pengertian itu akan hilang. Akan terus kita lakukan itu di mana letaknya (akar masalah)," katanya.

Yang terpenting bagi pemerintah saat ini, kata Ma'ruf, adalah menggali aspirasi masyarakat Papua melalui forum diskusi.

“Kalau untuk bicara merdeka, tentu tidak ada. Kalau merdeka itu bukan solusi. Tapi dalam masalah yang lain kita bicarakan secara terbuka," kata Ma'ruf saat disinggung tentang keinginan dari KKB.

Sebelumnya, dalam agenda pertemuan bersama sejumlah aktivis HAM dan tokoh agama di lokasi yang sama, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Papua Subhan Hamid Massa menyatakan kesiapan pihaknya untuk memberikan pemahaman kepada pihak yang berkonflik.

Wapres Ma'ruf Amin pada hari kedua berkantor di Papua, tepatnya Kota Jayapura, berupaya menumbungkan kepercayaan KKB kepada pemerintah melalui dialog.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia