Satgas Gabungan Tembak Mati 5 Anggota KKB di Pegunungan Bintang

Sabtu, 30 September 2023 – 23:11 WIB
Satgas Gabungan Tembak Mati 5 Anggota KKB di Pegunungan Bintang - JPNN.com Papua
Prajurit TNI dari Tim Nanggala yang berada di bawah Satgas Damai Cartenz Polri melumpuhkan lima KKB dan menyita 3 pucuk senjata beserta amunisinya di Pegunungan Bintang Provinsi Papua Pegunungan pada Sabtu (30/9/2023). Foto: Puspen TNI

papua.jpnn.com, PEGUNUNGAN BINTANG - Prajurit TNI dari Tim Nanggala yang berada di bawah Satgas Damai Cartenz Polri berhasil melumpuhkan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) atau kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Sabtu (30/9/2023) Pukul 06.00 WIT.

KKB selama ini sering kali membuat onar dan kerusuhan di wilayah Serambakon Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) Provinsi Papua Pegunungan.

Tim Nanggala berhasil melaksanakan penindakan terhadap KSTP Kodap 35 di wilayah Serambakon Oksibil dengan hasil 3 pucuk senjata (1 AR 10, 1 SS1 dan 1 pistol FN), ratusan amunisi kaliber 5,56 mm dan 9 mm dan 5 orang KSTP tewas bertempat di Kampung Modusit Serambakon Pegubin.

Tim Nanggala yang berkekuatan 18 orang tersebut merupakan gabungan dari Nanggala 2 dengan 9 Personel  dan Nanggala 8 dengan 9 Personel.

Tim Nanggala sudah tiba di Polres Oksibil dengan membawa Barang Bukti berupa Senjata laras panjang 1 AR-10, 1 SS1 dan 1 pistol FN dan ratusan amunisi kaliber 5,56 mm dan 9 mm.

Kapuspen TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono dalam keterangan tertulisnya membenarkan kejadian tertembaknya 5 KSTP di Serambakon Papua Pegunungan oleh aparat TNI yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz.

“Laporan dari lapangan yang saya terima, Tim Nanggala TNI yang tergabung Satgas Damai Cartenz pagi ini berhasil melumpuhkan 5 KSTP dengan menembak mati, dan mengamankan 3 pucuk senjata serta ratusan amunisi kaliber  5,56 mm dan 9 mm, untuk KSTP lainnya melarikan diri beserta senjatanya,” ujar Kapuspen TNI.

Sebelumnya, KST Pegunungan Bintang ini terlibat dalam berbagai gangguan keamanan dan aksi kriminal.

Prajurit TNI dari Tim Nanggala yang berada di bawah Satgas Damai Cartenz Polri berhasil melumpuhkan KKB pada Sabtu (30/9/2023) Pukul 06.00 WIT.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia