Kombes Faizal: Masyarakat Pegunungan Bintang Sudah Kembali Beraktivitas

Sabtu, 30 September 2023 – 08:50 WIB
Kombes Faizal: Masyarakat Pegunungan Bintang Sudah Kembali Beraktivitas - JPNN.com Papua
Aktivitas di bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan kembali normal. setelah sebelumnya KKB menyerang aparat keamanan dan warga. Foto: ANTARA/HO-Satgas Damai Cartenz

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadhani menyatakan aktivitas masyarakat di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) Papua Pegunungan, saat ini kembali normal.

Faizal mengatakan seusai aksi penembakan dan penyerangan baik kepada aparat keamanan maupun warga sipil oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah setempat, saat ini situasi keamanan sudah pulih dan masyarakat kembali beraktivitas.

"Perekonomian sudah normal, termasuk penerbangan dengan beroperasinya kembali pesawat Trigana baik yang angkut penumpang maupun kargo," kata Kombes Faizal di Oksibil, Jumat (29/9).

Faizal mengatakan pihaknya sampai saat ini masih berada di Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang.

Sebelumnya, KKB melakukan aksi penembakan dan penyerangan baik kepada warga sipil maupun aparat keamanan di Distrik Serambakon dan Distrik Oksibil pada 18-19 September lalu.

Satgas Damai Cartenz merupakan satuan tugas gabungan TNI dan Polri untuk mengekang pemberontak separatis bersenjata di Papua.

Akibat aksi KKB dari kelompok Kodap 35 Bintang Timur pimpinan Ananias Mimin itu, seorang anggota Brimob yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz gugur. Selain itu tiga orang warga sipil mengalami luka akibat ditembak dan dianiaya KKB.

"Namun dengan kembali kondusifnya keamanan di wilayah itu maka aktivitas masyarakat kembali berjalan seperti biasa termasuk perkantoran, perbankan, pasar, sekolah, rumah sakit hingga penerbangan," kata Faizal.

Kombes Faizal Rahmadhani menyatakan aktivitas masyarakat di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) Papua Pegunungan, saat ini kembali normal.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News