PT Telkom Kirimkan Dua Kapal ke Merauke untuk Perbaiki Layanan Internet

Jumat, 29 September 2023 – 23:19 WIB
PT Telkom Kirimkan Dua Kapal ke Merauke untuk Perbaiki Layanan Internet - JPNN.com Papua
Suasana EVP Telkom Regional VII Agus Yudha Basuki (ketiga kiri) bersama tim media foto bersama di Makassar, Jumat (29/9/2023). Foto: Antara/ Suriani Mappong

papua.jpnn.com, MERAUKE - EVP Telkom Regional VII Agus Yudha Basuki mengatakan telah mengirim dua kapal untuk memulihkan kembali layanan telekomunikasi di Merauke pasca-jaringan internet di daerah itu terganggu.

"Kapalnya sudah ke lokasi gangguan untuk mencari kalian putus kemudian diangkat, disambung, dites, kalau sudah clear kemudian kembali ke Merauke mungkin ada administrasi yang harus diselesaikan," kata Agus disela pertemuan dengan media di Makassar, Jumat (29/9).

Dia mengatakan kedua kapal itu adalah the pacific link dan Pasific Guardian yang diprakarsai oleh Telkom Infra.

Mengenai penyelesaiannya, lanjut dia, pihak GM Witel Papua telah memberikan estimasi pada penjelasan sebelumnya bahwa akan memakan waktu sekitar satu bulan sejak kejadian.

"Namun, kalau di lapangannya itu tergantung situasi yang dihadapi," katanya.

Dia mengatakan kalau sebelumnya agak lama karena setelah dicek lalu kemudian putus kemudian terjadi lagi. Jadi sangat tergantung dengan situasi yang dihadapi di laut.

Sebelumnya, General Manager PT Telkom Witel Papua Agus Widhiarsana mengatakan, gangguan jaringan internet ruas meroket Timika merupakan murni force majeure dan bukan faktor kesengajaan.

Dia menyebutkan jika gangguan internet tersebut disebabkan oleh indikasi luka pada jaringan kabel laut sehingga mengakibatkan terganggunya atau tidak optimalnya fungsi SKKL.

EVP Telkom Regional VII Agus Yudha Basuki mengatakan telah mengirim dua kapal untuk memulihkan kembali layanan jaringan internet.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News