100 Kepala SD Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi, Selamat

Sabtu, 10 Juni 2023 – 08:34 WIB
100 Kepala SD Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi, Selamat - JPNN.com Papua
Foto bersama setelah pembukaan pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah melalui K3S di Jayapura, Jumat (9/6/2023). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Jayapura

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Sebanyak 100 kepala Sekolah Dasar (SD) di Kota Jayapura, Papua mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi melalui Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang berlangsung pada 9-10 Juni 2023.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura Abdul Majid mengatakan pelatihan peningkatan kompetensi melalui K3S untuk memastikan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh kepala sekolah sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah.

"Ada lima aspek kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah, yakni kepribadian, manajerial, supervisi, kewirausahaan, dan sosial," kata Abdul Majid di Jayapura, Jumat (9/6).

Menurut Majid, kegiatan tersebut dilakukan agar kepala sekolah yang ada di Kota Jayapura baik negeri maupun swasta dapat memiliki daya saing sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.

Pelatihan peningkatan kompetensi melalui K3S yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi.

Robby Awi mengatakan pelatihan itu sebagai penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya setiap kepala sekolah dasar di Kota Jayapura.

"Salah satu tugas kepala sekolah yang paling penting ialah perannya sebagai pimpinan dan manajerial di sekolah," katanya.

Dia menambahkan setiap kepala sekolah juga harus memiliki fungsi dasar untuk mengarahkan dan menggerakkan seluruh bawahannya ke arah yang sama.

Sebanyak 100 kepala SD di Kota Jayapura, Papua mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi melalui Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) pada 9-10 Juni 2023.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News