Pangdam Cenderawasih Terima 6 Pucuk Senjata Api dari Eks KKB

Selasa, 02 Mei 2023 – 09:45 WIB
Pangdam Cenderawasih Terima 6 Pucuk Senjata Api dari Eks KKB - JPNN.com Papua
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa berjabat tangan dengan bekas KKB wilayaha Keerom Lambert Pekikir setelah penyerahan senjata api di Keerom, Provinsi Papua, Senin (1/5/2023). FOTO: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menerima enam pucuk senjata api (senpi) hasil dari penggalangan eks Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Lambert Pekikir dan Lazarus Karoba, Senin (1/5/2023).

Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan enam pucuk senjata api hasil penggalangan dari bekas KKB wilayah Keerom tersebut telah dilakukan sejak 2022.

"Kami meminta kepada kelompok-kelompok yang masih berbeda dengan ideologi Pancasila agar segera menyerahkan senjata dan kembali ke pangkuan NKRI karena Papua adalah Indonesia," kata Pangdam Cenderawasih Mayjen Mustafa di Keerom, Senin (1/5/).

Menurut Pangdam, pihaknya mengajak kepada KKB untuk menghentikan perlawanan dengan kekerasan menggunakan senjata api lalu kembali menjadi warga negara Indonesia yang baik dan mengisi pembangunan di Papua.

"Mari mengubah pandangan yang masih bertentangan dengan ideologi Pancasila dan mengganti dengan membangun wilayah sendiri," kata Muhammad Saleh Mustafa.

Bupati Keerom Piter Gusbager mengatakan bahwa kini daerah itu merupakan wilayah yang damai apalagi masyarakat adat setempat juga telah menolak kekerasan bersenjata.

"Ini menandakan bahwa kami mau membangun Kabupaten Keerom lebih baik dan masyarakat bisa hidup aman dan nyaman," katanya.

Menurut dia kesepakatan damai itu juga mewakili kesepakatan damai untuk tanah Papua karena generasi muda di daerah itu ingin menetap masa depan yang lebih cerah.

Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menerima enam pucuk senjata api (senpi) hasil dari penggalangan eks KKB wilayah Kabupaten Keerom, Papua.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia