Soroti Aksi KKB pada Penerbangan Sipil di Papua, Irjen Fakhiri Bilang Begini

Sabtu, 25 Maret 2023 – 19:02 WIB
Soroti Aksi KKB pada Penerbangan Sipil di Papua, Irjen Fakhiri Bilang Begini - JPNN.com Papua
Pemeriksaan terhadap pesawat Boeing 737-500 milik Trigana yang ditembak KKB sesaat setelah mendarat di Bandara Dekai. Foto: ANTARA/HO/Humas Polda Papua

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Gangguan keamanan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua di sejumlah wilayah, kini tidak hanya menyasar aparat keamanan dan warga sipil yang ada di darat, tetapi juga membidik penerbangan sipil.

Sejak bulan Januari 2023, tercatat empat kasus gangguan keamanan yang menyasar dunia penerbangan di Tanah Papua, khususnya di wilayah Provinsi Papua Pegunungan dan Papua Tengah.

Empat kasus gangguan keamanan terhadap dunia penerbangan yang terjadi di berbagai wilayah di Tanah Papua diawali pada tanggal 9 Januari 2023. 

Kala itu terjadi penembakan terhadap pesawat milik PT Ikaros jenis Caravan PK-HVV yang akan melakukan pendaratan di Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

Pesawat tersebut ditembak saat melakukan go-around. Akibat penembakan itu menyebabkan lubang di bagian bawah badan pesawat. 

Go- around merupakan manuver membatalkan pendaratan akibat terjadi sesuatu di luar rencana.

Kemudian, pada tanggal 7 Februari, pesawat Susi Air jenis Pilatus PC-6 Porter dengan Nomor Penerbangan PK-BVY dibakar di lapangan Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Sang pilot, Philip Mark Martenz, hingga kini masih disandera.

Insiden berlanjut pada tanggal 7 Maret, yakni pesawat kargo PT Smart Aviation dan pesawat PT Daby Air di Bandara Biloral, Intan Jaya, Papua Tengah, ditembak sedangkan melakukan go around. Pesawat tersebut membatalkan  pendaratan.

Gangguan keamanan yang dilakukan KKB di Papua di sejumlah wilayah, kini tidak hanya menyasar aparat keamanan dan warga sipil tetapi juga penerbangan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News