Brigjen TNI JO Sembiring Pimpin Operasi Pembebasan Pilot Susi Air yang Disandera KKB

Sabtu, 18 Februari 2023 – 10:25 WIB
Brigjen TNI JO Sembiring Pimpin Operasi Pembebasan Pilot Susi Air yang Disandera KKB - JPNN.com Papua
Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring saat memberikan arahan kepada personel gabungan TNI dan Polri yang akan membebaskan pilot Susia Air yang disandera KKB pimpianus Agianus Kogaya. Foto: Penrem Korem 172/PWY

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menunjuk Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring sebagai Dankolakops TNI dalam upaya pembebasan Pilot Susi Air dari tangan kelompok kriminal bersenjata Pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Menanggapi penunjukan tersebut, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O.Sembiring mengatakan dalam upaya penyelamatan Kapten Philip, TNI-Polri sudah berkoordinasi dengan jajaran BIN dan Korps lainnya yang ada di Papua.

"Semua potensi dan sumber daya TNI-Polri yang beroperasi di Papua akan dikerahkan," terangnya.

Danrem membeberkan aksi teror KKB pimpinan Egianus Kogoya dilakukan sejak 2017 hingga 2023 telah memakan banyak korban jiwa sehingga aksinya ini harus dihentikan.

"Guna menghindari jatuhnya korban jiwa, maka harus dihentikan. Jika ada pihak-pihak yang menghalang-halangi atau tidak mendukung upaya penegakan hukum, maka dianggap bagian dari Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua," tegas Danrem. 

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa selaku penanggung jawab keamanan di wilayah Papua mengungkapkan Pilot Susi Air cap Philip hingga saat ini masih disandera oleh kelompok Egianus Kogoya.

"Kami masih berupa melakukan pendekatan dialog atau Soft Approach oleh para tokoh dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nduga," ucapnya.

"Kami aparat keamanan TNI dan Polri punya standar operasi yang harus dijalankan dalam upaya penegakan hukum agar persoalan ini tidak berlarut-larut," kata Pangdam XVII/Cenderawasih.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring ditunjuk sebagai Dankolakops TNI dalam upaya pembebasan Pilot Susi Air dari tangan
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News