Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Bicara Soal Pembebasan Pilot Susi Air dari OPM

Kamis, 30 Mei 2024 – 15:18 WIB
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Bicara Soal Pembebasan Pilot Susi Air dari OPM - JPNN.com Papua
Menkopolhukam Hadi Tjahjanto. Foto: ANTARA/Evarukdijati

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan upaya pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang disandera OPM masih terus dilakukan.

Menurut Hadi, upaya pembebasan Philip Mark Merthens melalui pendekatan persuasif dengan terus melakukan koordinasi dengan tokoh-tokoh yang ada di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

"Koordinasi itu dilakukan agar sandera yang berprofesi sebagai pilot di Susi Air dapat segera dibebaskan,” kata Menko Polhukam Hadi Tjahjanto di Jayapura, Kamis (30/5).

Menurut Hadi, hingga kini masih dilakukan dialog agar dapat mewadahi apa yang menjadi keinginan kita sekaligus membebaskan sandera dengan selamat.

"Doakan saja agar apa yang kami lakukan dapat membebaskan pilot Susi Air yang sudah ditawan lebih dari setahun," ujar Hadi Tjahjanto.

Pilot Susi Air Philip Mark Merthens itu disandera sejak tanggal 7 Februari 2023 sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro.

Selain menyandera pilot berkebangsaan Selandia Baru, OPM juga membakar pesawat milik Susi Air yang dikemudikannya.

Terkait nomenklatur penyebutan OPM atau KKB, Menko Polhukam mengakui pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan instansi terkait karena tujuan adalah bagaimana menyelesaikan permasalahan di daerah ini.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengatakan upaya pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang disandera OPM masih terus dilakukan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia