Kapolda: TNI dan Polri Tidak Gentar Hadapi KKB Pimpinan Egianus Kogoya

Rabu, 15 Februari 2023 – 17:44 WIB
Kapolda: TNI dan Polri Tidak Gentar Hadapi KKB Pimpinan Egianus Kogoya - JPNN.com Papua
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. Foto: Humas Polda Papua

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan aparat TNI dan Polri siap menghadapi siapa pun termasuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) Pimpinan Egianus Kogoya di Nduga, Papua Tengah.

"Aparat TNI dan Polri siap. Kami tidak akan mundur dengan siapa pun mereka," tegas Irjen Fakhiri, Rabu (15/2).

Kapolda mengungkapkan sejak awal Polri berupaya semaksimal mungkin untuk bisa menyelamatkan pilot Susi Air Capt. Phillps Mark Marthens yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya.

"Upaya penyelamatan yang dilakukan Polri melalui Satgas Damai Cartenz sudah kami kita siapkan. Mudah-mudahan mendapat hasil yang baik," ucap Kapolda Papua.

Kapolda berharap pemuka agama dan tokoh masyarakat termasuk bupati berperan dalam pendekatan kepada kelompok kriminal bersenjata, bukan hanya TNI dan Polri.

"Kami yakin dan percaya sentuhan dari masyarakat itu bisa mengubah keputusan mereka (KKB, red). Mudah-mudahan mereka luluh dan kita bisa penyelamatan pilot Susi Air itu bisa kita lakukan," pungkas Irjen Fakhiri.

Diketahui KKB pimpinan Eginaus Egianus Kogoya tercatat telah beraksi sebanyak 65 kali dengan korban meninggal dunia sebanyak 46 orang, yakni 34 warga sipil dan 12 aparat keamanan. Untuk korban luka-luka sebanyak 42 orang terdiri dari 11 warga sipil dan 31 aparat keamanan.

Kejahatan yang dilakukan tersebut diketahui terdiri dari 33 aksi penembakan, 16 aksi kontak tembak, 8 aksi penyerangan, 1 aksi pembantaian, dan 2 aksi pembakaran. (mcr30/jpnn) 

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri dengan tegas tidak akan gentar menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Nduga, Papua Tengah..

Redaktur : Friederich Batari
Reporter : Muhammad Cholid Ridwan Abubakar Sangaji

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News