Prakiraan Cuaca Hari Ini Jumat 10 Februari 2023 di Papua dan Papua Barat, Waspada

Jumat, 10 Februari 2023 – 08:41 WIB
Prakiraan Cuaca Hari Ini Jumat 10 Februari 2023 di Papua dan Papua Barat, Waspada - JPNN.com Papua
BMKG memprediksi cuaca akan berpotensi hujan di wilayah Papua dan Papua Barat pada Jumat 10 Februari 2023. Ilustrasi. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Sejumlah wilayah Indonesia termasuk Papua dan Papua Barat berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Jumat (10/2/2023).

Demikian peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Jumat, terdapat potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang yakni di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG menyampaikan siklon tropis Freddy masih terpantau berada di Samudera Hindia selatan Jawa.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level jet) di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah-NTB dan membentuk daerah konvergensi memanjang di pesisir selatan Jawa Barat-DIY, dan di Samudra Hindia selatan NTT.

Kondisi tersebut, kata BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan gelombang tinggi di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang low level jet atau konvergensi tersebut.

BMKG menambahkan daerah konvergensi lain juga memanjang dari Kepupalauan Mentawai hingga Lampung, di Samudra Hindia barat daya Lampung dan selatan Banten.

Sejumlah wilayah Indonesia termasuk Papua dan Papua Barat berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Jumat (10/2/2023).
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia