Polda Papua Sebut 106 Anggota KKB Masuk DPO, Siap-siap

Selasa, 31 Januari 2023 – 20:34 WIB
Polda Papua Sebut 106 Anggota KKB Masuk DPO, Siap-siap - JPNN.com Papua
Kelompok kriminal bersenjata (KKB). Ilustrasi. Foto: Dok. Ridwan/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kepolisian Daerah Papua merilis 106 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) masuka dalam daftar pencarian orang (DPO) terhitung sejak tahun 2017 sampai 2022.

Hal itu disampaikan Direkrut Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Papua Kombes Polda Faisal Ramdani pada Selasa (31/1).

Dia pun membeberkan berdasarkan data, ada sekitar 500 orang yang tergabung di dalam kelompok kriminal bersenjata (KKB). Namun baru 106 orang yang teridentifikasi dan masuk DPO.

"Masih ada yang belum teridentifikasi. DPO kemungkinan akan bertambah," ucapnya.

Menurut Kombes Faisal, Polda Papua dalam kurun waktu lima tahun terakhir telah menangani sekitar 40-50 perkara khusus KKB.

“Tahun lalu strategi penegakan hukumnya lebih pada pendekatan persuasif," ujar Kombes Faizal.

Dia menyebut tahun ini kembali melakukan penegakan hukum bukan hanya terhadap KKB, tetapi juga kelompok mendukung KKB misalnya memberikan dukungan logistik.

Sementara upaya untuk mempersempit ruang gerak selain melakukan pengejaran, polisi memasang foto wajah DPO di kabupaten yang menjadi basis kelompok tersebut.

Polda Papua menyebutkan ada 106 orang dari KKB yang masuk DPO sejak 5 tahun terakhir.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News