Satgas Yonif 600/Modang Yakinkan Masyarakat Distrik Suru-suru Kembali ke Kampungnya

Senin, 30 Januari 2023 – 16:41 WIB
Satgas Yonif 600/Modang Yakinkan Masyarakat Distrik Suru-suru Kembali ke Kampungnya - JPNN.com Papua
Kepala Distrik Suru-Suru Sefanya Payage dan rombongan dengan jumlah 5 orang, telah berhasil tiba di Kampung Suru-Suru dalam keadaan aman dan disambut oleh Danpos Satgas Yonif R 600/Modang, Kapten Inf Gilang. Foto: Penrem 174/ATW Merauke

papua.jpnn.com, YAHUKIMO - Keberadaan Satgas Satuan Organik Yonif 600/Modang Kolakops Korem 174/ATW yang sedang melaksanakan tugas pengamanan di wilayah Distrik Suru-Suru Kabupaten Yahukimo berhasil meyakinkan Pejabat Pemerintah Distrik Suru-Suru yang selama ini mengungsi untuk kembali di wilayahnya karena telah aman.

Hal tersebut dibuktikan dengan kedatangan Kepala Distrik Suru-Suru Sefanya Payage dan rombongan dengan jumlah 5 orang, telah berhasil tiba di Kampung Suru-Suru dalam keadaan aman dan disambut oleh Danpos Satgas Yonif R 600/Modang, Kapten Inf Gilang.

Sefanya Payage berangkat dari Agats Kabupaten Asmat sekitar pukul 06.30 WIT dengan menempuh perjalanan sungai selama 7 jam menggunakan speed boat, Sabtu (28/1/2023).

Setibanya di Distrik Suru-Suru, Sefanya Kayage mengatakan di hadapan Danpos Satgas Satuan Organik Yonif 600/Modang, kedatangannya bersama rombongan tersebut ingin memastikan bahwa Distrik Suru-Suru dalam keadaan aman.

Setelah itu, dia akan menyampaikan kepada warganya sekaligus mengajak warga kembali dari pengungsian.

Selama 14 bulan Distrik Suru-Suru menjadi sebuah wilayah yang tak berpenghuni sejak terjadinya penyerangan KKB di Distrik Suru-Suru dengan menyerang Pos TNI serta membakar beberapa rumah.

Oleh karena itu, masyarakat dan aparat pemerintah, petugas kesehatan, bandara, dan pelabuhan hingga para pendeta meninggalkan Distrik Suru-Suru guna menyelamatkan diri.

Mereka tersebar ke berbagai daerah. Pasca-Penyerangan Pok KKB ke Suru-Suru hanya Pos TNI yang masih bertahan guna mengamankan wilayah tersebut.

Satgas Satuan Organik Yonif 600/Modang Kolakops Korem 174/ATW berhasil meyakinkan masyarakat Distrik Suru-suru untuk kembali ke kampung halamannya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia