Polisi Amankan 8 Mahasiswa Diduga Simpatisan KNPB Saat Berdemonstrasi di Jayapura

Minggu, 11 Desember 2022 – 12:44 WIB
Polisi Amankan 8 Mahasiswa Diduga Simpatisan KNPB Saat Berdemonstrasi di Jayapura - JPNN.com Papua
Polresta Jayapura Kota, Papua menahan delapan orang mahasiswa yang berafiliasi dengan KNPB saat melakukan demonstrasi di Jayapura.

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kepolisian Resor Kota Jayapura Kota, Papua menahan delapan orang mahasiswa yang berafiliasi dengan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) saat melakukan demonstrasi di sejumlah kawasan di Kota Jayapura.

Kepala Polresta Jayapura Kota Komisaris Besar Polisi Victor Mackbon mengatakan penahanan delapan mahasiswa dilakukan saat aksi demo tanpa izin yang dikemas dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia dan dilakukan di beberapa titik.

Para pendemo yang diduga berafiliasi dengan KNPB itu berupaya melakukan long march sehingga aparat kepolisian berusaha mencegah hingga mereka melakukan perlawanan.

Selain itu, para pendemo yang berada di seputaran Waena melakukan aksi bakar ban dan blokade jalan menggunakan kayu sehingga berdampak pada kepentingan umum hingga aparat keamanan mengambil langkah tegas dengan mengamankan tiga orang mahasiswa.

Delapan mahasiswa yang diamankan itu berinisial OP, TK, EY, YD, SP, DT, AT, dan AS yang saat ini masih diperiksa penyidik.

Victor Mackbon mengatakan Polresta Jayapura Kota selalu membuka ruang penyampaian aspirasi, namun apabila ditunggangi KNPB maka sudah diketahui ujungnya akan timbul hal-hal yang tidak diinginkan karena ada provokatif di dalamnya.

"Polisi akan memanggil penanggung jawab aksi demo untuk dimintai keterangan,” kata Mackbon di Jayapura, Sabtu (10/12).

Mantan Wakil Direktur Reskrimsus Polda Papua itu menyayangkan KNPB sudah masuk ke lingkungan kampus sehingga memengaruhi mahasiswa.

Polresta Jayapura Kota, Papua menahan delapan orang mahasiswa yang berafiliasi dengan KNPB saat melakukan demonstrasi di Jayapura.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia