Dance Sampaikan Kabar Gembira Buat Para Guru di Papua Barat

Sabtu, 26 November 2022 – 14:49 WIB
Dance Sampaikan Kabar Gembira Buat Para Guru di Papua Barat - JPNN.com Papua
Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Papua Barat Dance Sangkek menyampaikan kabar gembira buat para guru di wilayah setempat. Ilustrasi. Foto: Dok. JPNN.com

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Papua Barat Dance Sangkek menyampaikan kabar gembira buat para guru di wilayah setempat bertepatan dengan momentum peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tahun 2022.

Menurut Dance, Pemprov Papua Barat terus berupaya memperjuangkan peningkatan kualitas para guru di antaranya melalui sertifikasi guru di daerah setempat.

Selain itu, Pemprov Papua Barat juga akan memperjuangkan untuk memenuhi standar kompetensi mengajar dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar.

"Kami di daerah juga sudah mau menyiapkan insentif untuk mendorong mereka supaya ikut sertifikasi karena itu kualitas guru selalu ingin kita tingkatkan dan merupakan bentuk dukungan kami di Papua Barat," ucap Dance di Manokwari, Jumat (25/11).

Dalam hal penambahan jumlah guru, dia menyebut terus memberikan kuota penerimaan guru setiap ada peluang yang terbuka seperti melalui rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), untuk mengurangi adanya gap antara jumlah guru dan murid.

Menurut Dance, kebutuhan guru ideal adalah 1:20 atau satu guru mengajar untuk 20 murid. Tetapi di Papua Barat, dia menilai hal itu masih jauh.

"Akibat gap yang terlalu jauh, maka informasi dari guru ke murid itu sulit sampai," ucapnya.

Untuk tingkat kabupaten dan kota, Dance menyarankan agar ada kerja sama yang dibangun Pemkab setempat dengan universitas maupun kampus untuk memenuhi kebutuhan guru di setiap sekolah.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Papua Barat Dance Sangkek menyampaikan kabar gembira buat para guru di wilayah setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News