TNI AL Bentuk Karakter Generasi Muda Sebagai Bangsa Maritim

Sabtu, 19 November 2022 – 10:05 WIB
TNI AL Bentuk Karakter Generasi Muda Sebagai Bangsa Maritim - JPNN.com Papua
Pelayaran Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) Pramuka Saka Bahari memulai kegiatan dengan yel-yel yang dipandu pengasuh dari prajurit Dispotmar TNI AL di atas KRI Teluk Palu 523 yang sandar di Dermaga JICT, Jakarta Utara. Foto: Dispenal

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pelayaran Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) Pramuka Saka Bahari memulai paginya dengan yel-yel yang dipandu pengasuh dari prajurit Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) TNI Angkatan Laut.

Sebanyak 132 orang pramuka Saka Bahari dari beberapa kontingen daerah yang on board dari Dermaga JICT, Jakarta Utara ini mengisi kegiatannya pada hari kedua saat berlayar di Perairan Laut Jawa dengan lomba yel-yel antarkontingen daerah, pembekalan materi tentang keangkatan lautan, Dinamika Kelompok dan tour ship KRI Teluk Palu 523.

Keseruan saat lomba yel-yel ditunjukkan masing-masing kontingen daerah dengan kekhasannya. Seperti Kontingen Sumatera Selatan (Sumsel) dengan khas logat Palembang menyapa dengan konyol meniru lagu-lagu yang sedang populer.

“Siko bagi duo..!!, siko bagi duo..!!" terdengar lirik yel-yel kontingen daerah Sumsel. Tidak mau kalah pula, kontingen daerah Banten yang menonjolkan khas kejawaraannya dengan slogan "aing jawara....!!! aing jawara!!!".

Lomba yel-yel ini akan berlanjut pada acara puncak perkemahan Pembinaan Karakter Maritim Sail Tidore 2022 yang akan berlangsung di Bumi Perkemahan Open Space, Kota Tidore Kepulauan pada 23-27 November 2022 mendatang.

Selanjutnya sebelum KRI Teluk Palu 523 sampai di Tidore, peserta PPKM dari kontingen daerah yang berkumpul di Makassar dan Ternate juga akan ikut bergabung bersama kontingen yang sudah onboard KRI Teluk Palu-523.

Mereka berasal dari Ambon dan Morotai yang merupakan binaan dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon dan juga akan bergabung dengan Saka Bahari Timika, Pramuka binaan Lanal Timika.

Pelayaran Pembinaan Karakter Maritim sebelumnya bernama Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) yang selalu terintegrasi dengan Kegiatan Sail di berbagai wilayah Indonesia. Setelah wabah pandemi Covid-19, Pelantara dirubah menjadi Pelayaran Pembinaan Karakter Maritim (PPKM).

Pelayaran Pembentukan Karakter Maritim (PPKM) Pramuka Saka Bahari memulai kegiatan dengan yel-yel yang dipandu pengasuh dari prajurit Dispotmar TNI AL.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News