Bupati Jayapura Usulkan Pembentukan Badan Riset & Inovasi Daerah

Kamis, 17 November 2022 – 19:21 WIB
Bupati Jayapura Usulkan Pembentukan Badan Riset & Inovasi Daerah - JPNN.com Papua
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw (keempat dari kanan) saat menyerahkan proposal urgensi usulan pembentukan BRIDA yang diterima oleh Deputi Riset dan Inovasi Daerah (BRIN) Dr. Yopi. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkab Jayapura

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua mengusulkan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) di wilayah tersebut agar semua jenis endemik asli Papua bisa diteliti secara komprehensif.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan pihaknya telah menyerahkan proposal urgensi usulan pembentukan BRIDA yang diterima oleh Deputi Riset dan Inovasi Daerah (BRIN) Dr. Yopi yang didampingi Direktur Kebijakan Riset dan Inovasi Daerah Sri Nuryanti di Kantor Badan Riset dan Inovasi Nasional di Jakarta pada Selasa (15/11).

“Dengan sudah penyerahan proposal tersebut kami harapkan untuk mendapatkan Rekomendasi pembentukan BRIDA di Kabupaten Jayapura,” kata Mathius seperti dilansir Antara, Kamis (17/11).

Menurut Mathius, pihaknya menginginkan pembentukan BRIDA di Kabupaten Jayapura sebagai organisasi perangkat daerah tersendiri sebagaimana peran badan penelitian dan pengembangan Daerah (Bapeda) Kabupaten Jayapura.

"Oleh karena itu, kami berharap ke depan ada kerja sama atau kolaborasi antara BRIDA Kabupaten Jayapura dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional agar bisa mendorong pengembangan riset dan kebijakan pembangunan di daerah dengan baik," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya merasa perlu adanya BRIDA agar bisa membantu penyelesaian masalah-masalah pembangunan di Papua khususnya Kabupaten Jayapura sehingga mampu mengatasi konflik seperti kasus terkiat pertanahan.

“Kondisi ini diharapkan agar BRIDA dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah pusat seperti apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam melakukan pemetaan tanah-tanah adat,” katanya lagi.

Dia menambahkan hal tersebut sangat penting sehingga bisa memberikan kontribusi yang spesifik dari berbagai unsur dan potensi di Papua.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menyerahkan proposal urgensi usulan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia