Bahas Kesiapan Pemilu, Senator Filep Sampaikan Sejumlah Aspirasi Daerah ke KPU RI

Selasa, 04 Oktober 2022 – 18:14 WIB
Bahas Kesiapan Pemilu, Senator Filep Sampaikan Sejumlah Aspirasi Daerah ke KPU RI - JPNN.com Papua
Senator Papua Barat Filep Wamafma (kanan) saat pertemuan dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan Komite I DPD RI bersama KPU RI pada Selasa (4/10/2022). Foto: Humas DPD RI

papua.jpnn.com, JAKARTA - Senator Papua Barat Filep Wamafma menyampaikan sejumlah aspirasi daerah terkait persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 dalam pertemuan Komite I DPD RI bersama KPU RI pada Selasa (4/10/2022).

Selaku wakil daerah Papua Barat, Senator Filep meminta KPU menjamin setiap warga di wilayah Papua Barat termasuk yang berada di daerah pedalaman terdata dengan baik sebagai calon pemilih sehingga dapat menggunakan hak pilihnya.

“Terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT), wilayah Papua ini membutuhkan kepastian tentang validitas data yang dapat menjangkau seluruh warga terutama orang asli Papua (OAP), yang telah memenuhi syarat sebagai calon pemilih,” ujar Filep.

Filep menganggap hal ini sangat penting dalam rangka menjamin terpenuhinya hak setiap warga dan mendukung penyelenggaraan pemilu yang berkualitas.

Tak hanya itu, Filep juga berharap KPU memiliki sistem maupun mekanisme praktis yang dapat mengakomodasi calon pemilih yang sedang tidak berada di daerah domisilinya baik dikarenakan pendidikan, pekerjaan maupun persoalan lainnya.

“Agar tidak kesulitan dan menghindari golput juga. Hal itu juga terkait pemutakhiran data calon pemilih yang telah melakukan pindah domisili sehingga pemilih tidak terkendala apapun untuk menyalurkan hak suaranya,” ungkap Filep.

Wakil Ketua Komite I DPD RI ini mengharapkan tidak ada lagi persoalan teknis yang terjadi terutama di daerah seperti terkait ketersediaan tenaga IT maupun persoalan-persoalan akses internet yang terbatas.

Menurut Filep, perlu memastikan kesiapan pemilu ini betul-betul matang. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, persoalan SDM IT dan kendala akses internet misalnya diharapkan tidak terulang kembali.

Senator Filep menyampaikan sejumlah aspirasi daerah terkait persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 dalam pertemuan Komite I DPD RI bersama KPU RI, Selasa (4/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News