Golkar Inginkan Koalisi Menuju 2024 Solid, Pengamat: Pemerintahan Akan Stabil

Jumat, 25 November 2022 – 10:16 WIB
Golkar Inginkan Koalisi Menuju 2024 Solid, Pengamat: Pemerintahan Akan Stabil - JPNN.com Papua
Para kader Prtai Golkar peserta pendidikan politik Partai Golkar. Foto: Hums Golkar

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Lili Romli mengatakan koalisi menjelang Pemilu 2024 harus mengedepankan visi-misi, memiliki program kerja dan juga loyal.

“Peserta koalisi harus solid, loyal dalam arti sepanjang kebijakan pemerintah yang dikeluarkan harus didukung, sepanjang kebijakan itu untuk kebaikan dan kepentingan bersama,” ungkap Profesor Lili, Kamis (24/11/2022).

Untuk stabilnya pemerintahan, minimal 50 persen plus satu, atau bahkan mayoritas dalam parlemen.

Dengan langkah parpol untuk membentuk koalisi. Artinya untuk mencari kesamaan visi dan misi juga program untuk kontestasi pemilu mendatang.

“Koalisi itu kerja sama dan masing-masing koalisi memiliki visi misi program dan kebijakan yang ditawarkan kepada masyarakat. Yang bergabung tentu harus memenuhi syarat tadi,” kata Prof Lili.

Salah satu tujuan koalisi adalah melanjutkan kerja baik pemerintahan sekarang adalah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Partai Golkar, PPP dan PAN.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bicara tentang koalisi, “Karena tujuan dari pemilu itu menghadirkan pemerintahan yang stabil. Pemerintahan yang stabil harus koalisi, makanya Golkar dari awal membentuk koalisi dulu,” kata Ketum Airlangga.

Untuk itu, KIB masih menunggu parpol lain yang hendak bergabung.

Peneliti Pusat Riset Politik BRIN Lili Romli mengatakan koalisi menjelang Pemilu 2024 harus mengedepankan visi-misi, memiliki program kerja dan juga loyal.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia