Mentan Amran Mencetak Sawah 500 Ribu Hektare di Papua Selatan

Selasa, 16 April 2024 – 18:17 WIB
Mentan Amran Mencetak Sawah 500 Ribu Hektare di Papua Selatan - JPNN.com Papua
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja di Merauke, Papua Selatan, Selasa (16/4/2024). Foto: ANTARA/HO-Humas Kementan

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama jajaran Pemerintah Provinsi Papua Selatan mencetak sawah seluas 500 ribu hektare untuk meningkatkan produksi pertanian daerah tersebut dan Indonesia secara umum.

"Dahulu kami rintis di sini sawah 10 ribu hektare dan sekarang produksinya sudah 6 ton per hektare jadi sudah berhasil. Dahulu rencana kami kembangkan 1 juta hektare dan sekarang kami merintis 500 ribu hektare. Ini kami proyeksikan menjadi lumbung pangan masa depan,” kata Mentan Amran saat kunjungan kerja di Merauke, Papua Selatan, Selasa (16/4).

Menteri Amran melakukan cetak sawah baru di lahan yang belum dimanfaatkan di Papua Selatan di antaranya di Kabupaten Merauke.

Kegiatan tersebut dilakukan pada hari pertama kerja seusai mengisi libur panjang pada momen Hari Raya Idul Fitri 2024.

Di lokasi cetak sawah 500 ribu hektare Papua Selatan tersebut, Mentan bersama jajaran pemda dan para petani setempat bergerak menggarap lahan potensial di Kabupaten Marauke.

"Ini lahan yang ada sudah siap, dan ini sangat bagus, potensinya luar biasa," ujar Mentan dalam keterangannya di Jakarta.

Dia mengatakan potensi pertanian di Papua Selatan sangat besar terutama dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri khususnya di Indonesia bagian timur.

Apalagi, lanjut Amran, saat ini hampir semua negara di dunia tengah dilanda El Nino panjang yang membuat produksi mengalami penurunan.

Mentan Andi Amran Sulaiman bersama jajaran Pemprov Papua Selatan mencetak sawah seluas 500 ribu hektare untuk meningkatkan produksi pertanian daerah tersebut.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News