Kasatgas DC Tangkap Anggota KKB di Ilaga Papua Tengah, Lihat

Selasa, 20 Februari 2024 – 21:46 WIB
Kasatgas DC Tangkap Anggota KKB di Ilaga Papua Tengah, Lihat - JPNN.com Papua
Alenus Tabuni alias Kobuter, anggota KKB yang merupakan anak buah Numbuk Telenggen ditangkap di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Foto: ANTARA/HO/Humas Satgas Damai Cartenz

papua.jpnn.com, PUNCAK - Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani mengakui tim Satgas Damai Cartenz (DC) menangkap anggota KKB Alenus Tabuni yang namanya itu sebelumnya telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kombes Faizal membenarkan anggota KKB yang ditangkap, yaitu Alenus Tabuni alias Kobuter, di depan Puskesmas Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Minggu (18/2)

"Alenus Tabuni alias Kobuter terlibat dan memiliki peran penting dalam sejumlah aksi kriminal yang terjadi di wilayah Puncak,” kata Kombes Faizal Rahmadani dalam keterangan tertulis diterima di Jayapura, Selasa (20/2).

Dia menjelaskan Alenus Tabuni alias Kobuter, awalnya tergabung dalam kelompok KKB pimpinan Goliath Tabuni. Namun, kemudian bergabung dengan Numbuk Telenggen.

Adapun peran dari Alenus Tabuni alias Kobuter di antaranya terlibat pembakaran base kamp PT Unggul tanggal 11 Februari 2021 di Kampung Jenggerpaga, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Kemudian tanggal 14 April 2021, terlibat penembakan tukang ojek Udin di dekat balai kampung Eromaga yang mengakibatkan korban meninggal.

Pada tanggal 24 April 2021 melakukan pemukulan terhadap Kepala Distrik Gome, Nius Tabuni di Distrik Gome.

Kemudian tanggal 3 Mei 2021, terlibat penembakan anggota TNI di kampung Undome, Distrik Gome. Dalam insiden penembakan itu, korban selamat.

Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani mengakui tim Satgas Damai Cartenz (DC) menangkap anggota KKB Alenus Tabuni di Ilaga, Puncak Papua Tengah.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia