Kapolda Menambah Personel untuk Perkuat Satgas Damai Cartenz dan Brimob di Sugapa Intan Jaya

Kamis, 25 Januari 2024 – 13:54 WIB
Kapolda Menambah Personel untuk Perkuat Satgas Damai Cartenz dan Brimob di Sugapa Intan Jaya - JPNN.com Papua
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. foto: Ridwan/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menambah pasukan Satgas Damai Cartenz dan Brimob Polda Papua untuk membantu memulihkan situasi keamanan di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Penambahan pasukan dilakukan untuk memperkuat personel yang ada di wilayah itu guna memulihkan keamanan di daerah setempat yang sejak Jumat (19/1) mengalami gangguan keamanan akibat aksi penembakan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Saat ini pasukan, baik dari Satgas Damai Cartenz maupun Brimob Polda Papua sudah berada di Sugapa, sehingga diharapkan satu atau dua hari ke depan situasi keamanan di wilayah itu kembali kondusif," kata Kapolda Papua kepada Antara di Jayapura, Kamis (25/1/2024).

Dia mengakui dari laporan yang diterima aksi penembakan yang dilakukan KKB hingga Rabu (24/1) masih terdengar, namun sudah tidak sebanyak sebelumnya.

Akibatnya, aktivitas masyarakat belum kembali normal, termasuk perekonomian dan aparat keamanan terus bersiaga guna mengantisipasi aksi penembakan yang dilakukan KKB.

“Pemulihan keamanan di wilayah itu harus cepat dilakukan mengingat sekitar 25 hari ke depan kita akan menghadapi agenda nasional, yakni pencoblosan yang dilaksanakan pada 14 Februari sehingga pengiriman logistik harus segera didistribusikan di Kabupaten Intan Jaya," kata Kapolda.

Akibat aksi penembakan ke Pos TNI-Polri yang dilakukan KKB itu, lanjutnya, menyebabkan seorang anggota Brimob gugur, yakni Bripda Afandi Steve Karamoy.

Selain menyerang pos TNI-Polri yang ada di sekitar Sugapa, KKB juga melakukan pembakaran rumah milik warga sipil, sehingga selain melakukan pemulihan keamanan, pihaknya sudah meminta Kapolres Intan Jaya untuk mendalami kasus tersebut dengan memintai keterangan para saksi, terutama yang berada di belakang kantor BPD Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menambah personel Satgas Damai Cartenz dan Brimob Polda Papua untuk membantu pemulihan keamanan di Sugapa, Intan Jaya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News