DP3AKB Biak Gencarkan Program Advokasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak

Selasa, 02 Januari 2024 – 12:52 WIB
DP3AKB Biak Gencarkan Program Advokasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak - JPNN.com Papua
Anak-anak perempuan di Biak rentan kasus kekerasan anak sedang bermain alat musik okulele. Foto: ANTARA/Muhsidin

papua.jpnn.com, JAKARTA - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Biak berharap program advokasi dan pendampingan penanganan kekerasan terhadap anak sampai ke pelosok kampung pada 2024 digencarkan, sehingga daerah itu nol kasus kekerasan anak.

"DP3AKB bersama mitra kerja yakni aktivis perempuan, lembaga gereja, pemerintah kampung, kejaksaan, dan kepolisian, berkomitmen mengurangi kasus kekerasan pada anak pada tahun 2024," ujar Kepala DP3AKB Johanna Nap di Biak, Selasa (2/1/2023).

Menurut Johanna, bentuk kekerasan kepada anak terdiri empat yakni kekerasan fisik, kekerasan emosional, kekerasan seksual, dan penelantaran anak.

Dari data tahun 2023, kata dia, kasus kekerasan anak di Biak yang berhasil ditangani DP3AKB sebanyak 37 kasus.

"Ya, kami harapkan dengan gencarnya edukasi dan pendampingan sosialisasi dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para orang tua untuk mencegah tindak pidana kekerasan terhadap anak," katanya.

Johanna mengatakan kekerasan terhadap anak tidak hanya meninggalkan bekas luka pada tubuh tetapi juga emosional anak, perilaku menyimpang, dan terjadi penurunan fungsi otak.

Sedangkan bahaya dampak dari kekerasan kepada anak, menurut dia, anak akan menjadi takut.

Dampak lain kekerasan kepada anak, lanjut Johanna, anak menjadi sulit membangun hubungan relasi dengan orang lain karena trauma atas kejadian dialaminya. 

DP3AKB Biak berharap program advokasi dan pendampingan penanganan kekerasan terhadap anak sampai ke pelosok kampung pada 2024 digencarkan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia