Sebegini Alokasi Dana Otsus 2023 untuk Pemkab Jayapura

Sabtu, 16 September 2023 – 15:04 WIB
Sebegini Alokasi Dana Otsus 2023 untuk Pemkab Jayapura - JPNN.com Papua
Uang Rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Badan Perencanaan Pembangunan Daeah (Bappeda) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menyebut alokasi dana otonomi khusus (Otsus) 2023 sebesar Rp 177 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Jayapura Parson Horota mengatakan pembagian dana Otsus sudah sangat jelas alokasinya melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat, pemerintah distrik maupun pemerintah kampung.

“Pembagiannya 15 persen untuk tambahan infrastruktur, 30 persen pendidikan, 20 persen kesehatan, 25 persen infrastruktur dan 10 persen pertumbuhan ekonomi, pemberdayaan masyarakat peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan adat,” kata Parson di Sentani, Sabtu (16/9).

Menurut Parson, cara alokasi dana Otsus berbeda-beda ada yang melalui OPD, berupa dana hibah di Sekda serta alokasi dana Otsus yang diberikan langsung ke setiap pemerintah distrik sebesar Rp 500 juta.

“Kami berpikir distrik lebih dekat ke kampung sehingga dana Otsus yang diserahkan ke kampung pemerintah distrik bisa membantu membiayai pemberdayaan ekonomi, infrastruktur dan bisa juga untuk SDM,” ujarnya.

Parson menjelaskan pemerintah distrik mempunyai andil yang besar dalam hal ini, karena mereka harus membantu pembiayaan pengerjaan infrastruktur yang dikerjakan di kampung-kampung dalam menopang pembangunan di daerah tersebut.

“Kami (Bappeda) tetap mengevaluasi alokasi dana tersebut bagaimana dampaknya ke kampung dan masyarakat seperti apa, apakah sudah benar-benar tercapai tujuan kesejahteraan itu atau tidak, maka pendampingan terus dilakukan,” katanya.

Dia menambahkan dengan dana Otsus yang diturunkan dari berbagai macam program baik OPD, distrik maupun pemerintah kampung itu sendiri maka sebenarnya sudah bisa mensejahterakan masyarakat yang hidup di 139 kampung di daerah setempat.

Badan Perencanaan Pembangunan Daeah (Bappeda) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menyebut jumlah alokasi dana otonomi khusus (Otsus) 2023.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News