Komnas HAM Mengapresiasi Keterbukaan TNI

Sabtu, 16 September 2023 – 05:42 WIB
Komnas HAM Mengapresiasi Keterbukaan TNI - JPNN.com Papua
etua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Dr. Atnike Nova Sigiro bersalaman dengan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Kamis (14/9/2023). Foto: Puspen TNI

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Dr. Atnike Nova Sigiro mengapresiasi keterbukaan dan sikap TNI dalam rangka pemajuan serta perlindungan HAM sesuai peran strategis TNI sebagai alat negara di bidang pertahanan.

Hal ini diungkapkan Atnike Nova Sigiro saat beraudiensi dengan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Kamis (14/9/2023).

Pertemuan ini juga membahas kasus sengketa lahan di Pulau Rempang, TNI mengirim Polisi Militer untuk mencegah adanya oknum prajurit yang terlibat dalam sengketa kepemilikan tanah di pulau tersebut.

Terkait situasi keamanan di Pulau Rempang, Panglima TNI menyampaikan posisi prajurit TNI tetap hanya membantu tugas Polisi.

"Komnas HAM sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan TNI,” ujar Atnike.

Untuk kejadian-kejadian di Papua, Komnas HAM mendukung upaya TNI sejauh ini lebih mengutamakan sisi kemanusiaan agar tidak banyak jatuh korban kepada masyarakat tidak tahu apa-apa. 

Dalam pertemuan ini, Komnas HAM juga membahas perlindungan HAM bagi anggota TNI.

Sebagai manusia mereka selayaknya memiliki hak-hak mendasar yaitu hak asasi yang patut dihormati, negara wajib memberikan perlindungan hukum menyeluruh bagi setiap anggota TNI yang menjalankan tugas.

Ketua Komnas HAM Dr. Atnike Nova Sigiro mengapresiasi keterbukaan dan sikap TNI dalam rangka pemajuan serta perlindungan HAM sesuai peran strategis TNI.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia