22 Orang Diduga KKB Ditangkap, Polres Yahukimo Kumpulkan Sejumlah Tokoh

Jumat, 19 Mei 2023 – 07:10 WIB
22 Orang Diduga KKB Ditangkap, Polres Yahukimo Kumpulkan Sejumlah Tokoh - JPNN.com Papua
Kabag Ops Polres Yahukimo AKP Alwi Wairooy saat melakukan pertemuan bersama tokoh masyarakat pada Selasa (17/5) pasca penggerebekan dan penangkapan 22 orang di salah satu rumah diduga markas KKB. Foto: ANTARA/HO-Humas Polres Yahukimo

papua.jpnn.com, YAHUKIMO - Kepolisian Resor (Polres) Yahukimo, Papua mengajak tokoh agama, tokoh adat, dan warga memperkuat keamanan untuk menciptakan kedamaian serta menghormati proses hukum pascapenggerebekan salah satu rumah yang diduga markas kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kabag Ops Polres Yahukimo AKP Alwi Wairooy mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan tokoh agama, tokoh adat, dan masyarakat untuk menjelaskan penggerebekan salah satu rumah yang diduga markas KKB.

“Kami telah melakukan pertemuan pada Selasa (17/5) dan menjelaskan bahwa penggerebekan yang dilakukan pada pagi hari adalah benar,” katan Alwi dalam siaran pers di Jayapura, Rabu (17/5).

Menurut Alwi, pihaknya menjelaskan saat penangkapan Selasa (17/5) dini hari tersebut pihaknya mengamankan 22 orang di antaranya ada kepala kampung, pelajar, dan mahasiswa sehingga saat ini sedang dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

“Penangkapan yang dilakukan sebagai hasil pengembangan dari beberapa aksi pembunuhan yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir di wilayah Yahukimo,” ujarnya.

Dia menjelaskan penangkapan tersebut tidak dilakukan secara sembarangan karena sudah melalui proses penyidikan.

Alwi menyampaikan kepolisian akan melaksanakan proses hukum dengan baik dan adil.

“Jika terbukti bahwa orang-orang yang diamankan tidak bersalah, maka mereka akan segera dibebaskan. Namun, jika terbukti bersalah maka mereka diproses sesuai dengan hukum berlaku. Kami mengajak para tokoh masyarakat mendukung dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Hal ini bertujuan menciptakan wilayah Yahukimo aman dan damai bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Polres Yahukimo, Papua mengajak tokoh agama dan tokoh adat, dan warga pascapenggerebekan dan penangkapan 22 orang di salah satu rumah yang diduga markas KKB.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News