PGRI: Kurikulum Merdeka Belajar yang Digagas Menteri Nadiem Cocok untuk Papua Barat

Selasa, 02 Mei 2023 – 22:17 WIB
PGRI: Kurikulum Merdeka Belajar yang Digagas Menteri Nadiem Cocok untuk Papua Barat - JPNN.com Papua
Pelaksanaan upacara Hardiknas 2023 di Manokwari, Papua Barat. Foto: ANTARA/Tri Adi Santoso

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Papua Barat Elimelech Wayoi menyebutkan kurikulum Merdeka Belajar yang dicetuskan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim sangat cocok diaplikasikan di wilayah Papua Barat.

"Pelaksanaan kurikulum Merdeka Belajar memberikan ruang yang sangat baik, bukan saja bagi siswa namun juga bagi guru. Sebab proses belajar mengajar terkesan lebih santai namun serius dalam pengembangan kemampuan siswa,” kata Elimelech Wayoi seusai mengikuti Upacara Hardiknas 2023 Papua Barat di Manokwari, Selasa (2/5).

Dia menjelaskan dengan Kurikulum Merdeka belajar siswa benar-benar dilatih dan dikembangkan kemampuan dasar yang dimiliki serta ditambahkan dengan pola pikir yang lebih maju.

Eli Wayoi juga berharap pemerintah daerah memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan kurikulum tersebut sehingga dalam penerapannya sejalan dengan keinginan Mendikbud untuk pemerataan pendidikan di Indonesia.

"Mulai dari barat ke timur, pendidikan sudah mengalami kemajuan. Kami berharap kurikulum ini bisa bertahan dan dilakukan pengembangan serta penyempurnaan,” katanya.

Dari segi pendanaan PGRI mengingatkan, selain pencairan langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) yang bersumber dari Pemerintah Pusat, dukungan pendanaan dari daerah harus dapat dimaksimalkan.

Seperti diketahui, sektor pendidikan di Papua Barat memiliki sumber pendanaan lain yakni otonomi khusus sebesar 20 persen, Eli menyebut jika dimanfaatkan dengan baik maka pendidikan di Papua akan sangat maju.

"Fokus anggaran pendidikan yang tersedia harus sesuai sehingga pengembangan pendidikan bisa maksimal, perhatian dan keseriusan pemerintah pusat untuk pendidikan kita di wilayah timur tentu tidak perlu diragukan lagi," tegas Eli.

Ketua PGRI Papua Barat Elimelech Wayoi menyebutkan kurikulum Merdeka Belajar yang dicetuskan Menteri Nadiem cocok diaplikasikan di wilayah Papua Barat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia