Pemkab Jayapura Didorong Terbitkan Buku Lokal

Kamis, 13 April 2023 – 10:07 WIB
Pemkab Jayapura Didorong Terbitkan Buku Lokal - JPNN.com Papua
Gedung Perpustakaan umum Kabupaten Jayapura, Papua. Foto: ANTARA/Agustina Estevani Janggo

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando mendorong agar Pemerintah Kabupaten Jayapura di Papua menerbitkan buku-buku lokal untuk kebutuhan perpustakaan daerah di wilayahnya. 

Syarif Bando di Sentani, Rabu (12/4) mengatakan dengan hadirnya perpustakaan umum daerah Jayapura maka pemerintah perlu menerbitkan buku lokal baik terkait sejarah maupun kearifan lokal yang dimiliki.

"Kami mendorong Pemkab Jayapura untuk menerbitkan buku lokal yang ditulis oleh penulis-penulis dari daerah ini, karena untuk menulis tentang Jayapura tidak bisa mengandalkan orang luar," katanya.

Muhammad Syarif mengatakan kekayaan alam, budaya maupun adat istiadat serta legenda-legenda lokal perlu di angkat kembali dan dibukukan agar tidak hilang oleh perkembangan zaman.

"Pemkab Jayapura bisa melibatkan penulis-penulis lokal karena mereka pasti sangat hebat dan paham tentang daerahnya ketimbang menggunakan penulis dari luar,” ujarnya.

Dia menjelaskan buku sangat penting karena dengan membaca buku dapat membuka wawasan seseorang sehingga hal-hal yang jauh sekalipun bisa dijangkau dengan membaca buku.

"Seperti ada pepatah buku adalah jendela dunia, melalui buku banyak hal yang dapat kita peroleh, jika kita ingin mengetahui tentang suatu daerah yang jauh hal itu dapat kita jangkau dengan membaca buku," ujarnya.

Dia menambahkan pemerintah kabupaten dapat mendorong para penulis lokal, pihaknya dari perpustakaan nasional sangat mendukung gerakan menulis bagi penulis lokal.

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando mendorong Pemerintah Kabupaten Jayapura di Papua menerbitkan buku-buku lokal untuk kebutuhan perpustakaan daerah.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia